28 Mei 2019 12:46

Asistensi BPKP Bikin Mitra Quattrick WTP

MyPassion
Bupati Mitra James Sumendap saat menerima LKPD TA 2018 yang diserahkan Kepala BPK RI Perwakilan Sulut Tangga Muliaman Purba, Senin (27/5).(Dok. Humas)

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) kembali meraih prestasi predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Ini tak lepas dari fungsi Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), yang melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pengawasan keuangan dan pembangunan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Bagi Mitra sendiri, ini merupakan kali keempat (quattrick) secara beruntun, kabupaten yang baru saja genap 12 tahun berdiri, menyabet penghargaan opini tertinggi dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI. Semuanya diraih di bawah kepemimpinan Bupati James Sumendap.

Laporan hasil pemeriksaan Keuangan atas LKPD diserahkan kepala BPK RI Perwakilan Sulut Drs Tangga Muliaman Purba MM, dengan disaksikan anggota VI BPK RI DR Hari Aswar Azis. Serta Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan  Ketua DPRD Sulut Andre Angouw, di aula Gedung BPK Perwakilan Sulut, Senin (27/5).

Bupati JS usai penerimaan LKPD mengatakan, pihaknya terus berupaya memberikan pelaporan dengan sebaik-baiknya. Sesuai dengan pedoman yang berlaku. Menurutnya terselenggaranya clean and good governance, melekat erat dengan pengelolaan laporan keuangan. Demi terwujudnya program pembangunan bagi daerah dan rakyat yang dipimpinnya. "Kalau kami dapat WTP itu kewajiban. Ketua BPK bilang itu adalah kewajiban minimum. Makanya kami laksanakan. Pencapaian ini tergantung dari kemauan pemerintah mulai dari kepala daerah sampai di tingkat bawah, semua bekerja bagi kepentingan rakyat," ujar JS.

Meski begitu, pihaknya tidak ingin takabur dengan pencapaian gemilang itu. Sehingga dia mengingatkan seluruh jajaran pemerintah di bawah kepemimpinannya untuk terus berkomitmen meningkatkan kinerja pelayanan bagi warga dan daerah Mitra. "Kalau masih ada tingkatan di atasnya lagi (di atas WTP), kami juga mau kejar. Supaya pelayanan pemerintah bagi warga lebih bagus. Di Mitra semua menjalankan program dengan baik. Ada indikator dan ukuran yang jelas," jelas JS.

Sementara itu, Sekretaris Kabupaten Mitra Robby Ngongoloy mengatakan, capaian opini WTP kali ini begitu spesial. Apalagi tidak ada catatan-catatan khusus untuk Kabupaten Mitra. “Jadi tidak ada lagi catatan seperti biasanya. Kali ini bersih tanpa catatan Dari BPK,” singkatnya.(cw-01/gnr)

Kirim Komentar