27 Mei 2019 09:41

Wali Kota Manado Ajak Mahasiswa Kelola Sampah

MyPassion
Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut menerima bingkisan dari para mahasiswa, di sela talk show terkait kebersihan.(Dok Humas)

MANADOPOSTONLINE.COM—Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut mengajak mahasiswa mengelola sampah dan mendukung gerakan Manado bersih.

Hal ini diungkapkan wali kota, ketika menghadiri, Talk Show Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Avestaria Fisip Unsrat, dengan tema ‘Manado dan Sampah’, di lapangan Kampus Fisip, pekan lalu.

Dalam kesempatan itu, wali kota memaparkan cara pengelolaan sampah dan gerakan Manado bersih di hadapan mahasiswa. Di mana dalam waktu dekat ini, Pemkot Manado akan menutup kegiatan di TPA Sumompo.

“Nantinya sampah diahlikan ke TPA Regional yang akan dibangun Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara. Berlokasi di Kabupaten Minahasa Utara tepatnya di Ilo-Ilo,” katanya.

Menurut dia, sambil menunggu beroperasi TPA Regional di Ilo-Ilo, Pemkot Manado mengupayakan, permasalahan sampah masyarakat diselesaikan di tingkat kecamatan. Lewat proses pembakaran l menggunakan alat bakar sampah (incenerator). Di mana saat ini sudah ada lima buah alat. Tersebar di lima kecamatan.

“Dalam upaya menciptakan Manado bersih dan budaya serta mengurangi sampah plastik, pemerintah mengedukasi masyarakat. Khususnya anak-anak sekolah,” ungkapnya.

Dia mengakui, edukasi ini sangat penting dilakukan. “Kami berharap, kegiatan seperti ini terus berlanjut dalam kita menjaga dan menciptakan lingkungan yang sehat dan tidak membuang sampah sembarangan,” ujar wali kota.(ite/gel)

Kirim Komentar