27 Mei 2019 11:53

Traktor Banyak Rusak, Petani Boltim Kesulitan Membajak Sawa

MyPassion
Salah satu traktor bantuan sudah rusak dan belum bisa digunakan oleh para petani.(Dok Pribadi)

MANADOPOSTONLINE.COM—Bantuan traktor di Dinas Pertanian banyak yang rusak. Petani pun kesulitan untuk membajak sawah.

Asum Potabuga, petani, mengaku sudah dua bulan terakhir belum membajak lahannya karena terhambat traktor yang rusak. 

"Saya sudah dua bulan bolak balik ke kantor Dinas Pertanian untuk pengajuan pinjaman alat. Namum belum ada, katanya masih rusak. Padahal sawah harus dibajak," akunya.

Dia pun menyoroti lambatnya Dinas Pertanian untuk memperbaiki semua traktor yang rusak tersebut. Padahal sudah berbulan-bulan. Dia menekankan, peminjaman traktor oleh petani tidak dilakukan secara gratis, namun ada biaya pemeliharaan yang diberikan.

"Kami pinjam bayar, bukan gratis. Jadi kalau rusak harusnya diperbaiki. Ini sudah berbulan-bulan dibiarkan rusak," sorotnya.

Dia meminta solusi dari instansi terkait untuk memperbaiki semua traktor yang rusak. “Solusinya seperti apa, karena petani membutuhkan traktor untuk membajak lahan," katanya.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Boltim Soetiono berjanji akan segera memperbaiki traktor tersebut. Pihaknya akan mencari teknisi dari Manado. Dia pun mengakui kerusakan tersebut. 

"Memang alat ini sudah beberapa bulan rusak. Kami masih menunggu teknis," sebutnya.

Setiono pun menjelaskan, penyebab rusaknya traktor tersebut karena tingginya operasional dari para petani. "Petani kan banyak menggunakan traktor, sehingga rusak," jelasnya.

Dia membeber, untuk biaya perbaikan akan menggunakan biaya sewa alat yang diberikan petani sebesar Rp 300 ribu per hektare. Dia pun membeber saat ini masih ada tiga unit traktor yang kondisinya baik.

"Masih ada tiga yang baik. Rencananya akan dipinjamkan ke petani. Namun pengawasannya lebih ketat, takutnya rusak lagi. Kami minta petani pun harus berhati-hati menggunakan fasilitas yang diberikan agar tidak cepat rusak," kuncinya.(tr-01/ite)

Kirim Komentar