27 Mei 2019 12:45

Traffic Light Depan Kantor Bupati Mitra Segera Dieksekusi

MyPassion
Petugas untuk sementara memasang tanda di traffic light yang berada di badan jalan utama Ratahan, Mitra.(Hesly/Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM—Traffic light yang berada badan jalan tepat di depan Kantor Bupati Mitra dipastikan bakal dipindahkan. Hal ini menyusul keluhan para pengendara yang menilai traffic light tersebut berpotensi memicu kecelakaan.

“Pekan ini dipastikan traffic light itu bakal dipindahkan. Tinggal dari kami membuatkan berita acara pembongkaran dan pemasangan kembali,” kata Dinas Perhubungan melalui Kepala Bidang Darat Crets Benda, Minggu (26/5).

Dia menjelaskan, traffic light tersebut dipasang di Ruas Jalan Ratahan oleh Dishub provinsi, saat jalan tersebut masih berstatus jalan provinsi. Namun saat ini jalan tersebut sudah berubah dan ditetapkan sebagai Jalan Nasional yang kewenangannya pada Kementerian Perhubungan RI. “Ini berarti perubahan status jalan juga sekaligus turut serta dengan sarana dan prasarana fasilitas keselamatan jalan. Dalam hal ini termasuk keberadaan traffic light.  Sehingga traffic light tersebut sudah menjadi kewenangannya pihak kementerian,” jelasnya.

Meski begitu, pada dasarnya, baik Dishub provinsi maupun BPTD Wilayah XXII Sulut sudah mencapai kesepakatan di dalam koordinasi awal. Untuk alasan keselamatan pengguna jalan (zero accident) traffic light di tengah ruas jalan Kota Ratahan harus dipindahkan. “Pekan ini merupakan batas waktu eksekusi. Jadi kami akan koordinasi dengan pihak Dinas PUPR. Namun untuk sementara bakal dilakukan dulu penanda sambil menunggu traffic light dipindahkan,” tandasnya.(cw-01/gnr)

Kirim Komentar