27 Mei 2019 09:58

Laporan PDI-P Minsel Diproses

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Bentuk tindak lanjut gugatan PDI-P Sulut ke Bawaslu Sulut, Bawaslu Minsel menggelar Sidang Penanganan Pelanggaran Administratif Pemilu.

Disampaikan Komisioner Bidang Hukum dan Penindakan Bawaslu Minsel Franny Sengkey, sidang sudah dua kali digelar. Dengan agenda yang berbeda.

"Jadi ini bentuk tindak lanjut Bawaslu Sulut. Dimana Ketua PDI-P Sulut Olly Dondokambey melaporkan ke Bawaslu Sulut terkait adanya pelanggaran administratif Pemilu di Minsel dan akhirnya dilimpahkan ke Bawaslu Minsel. Ini sudah sidang kedua dengan agenda mendengarkan laporan pelapor dan mendengar keterangan atau jawaban terlapor," ungkapnya, Jumat pekan lalu.

Sengkey menambahkan, sidang diskors Jumat pekan ini dengan agenda pemeriksaan bukti-bukti. "Jadi sidang ini diskors Jumat pekan depan (pekan ini) dengan agenda pemeriksaan bukti-bukti, karena pihak pelapor belum membawa saksi-saksi. Kita belum tahu hasil akhirnya seperti apa karena yang memutuskan semua adalah hasil MK. Sidang di sini hanya sebagai bentuk tindak lanjut gugatan di Bawaslu Sulut. Nantinya hasil sidang ini akan jadi bahan untuk gugatan di MK," pungkas Sengkey.

Diketahui, gugatan yang dilayangkan PDI-P ke Bawaslu Sulut terkait tindakan KPU Minsel yang tidak menjalankan rekomendasi Panwascam Tompasobaru, karena adanya kondisi masyarakat diizinkan memilih dan dimasukkan pada kategori pemilih DPK.

"Padahal hanya menunjukkan kartu keluarga. Kejadian itu terjadi di Desa Karowa, Kecamatan Tompasobaru, tepatnya di TPS 4.(rgm/gel)

Kirim Komentar