27 Mei 2019 09:18
Felly dan Enci Paula Ikut Mencuat

Imba-Roring Masuk Bursa Pilwako Manado

MyPassion
Ilus.(Dok)

MANADOPOSTONLINE.COM—Tahapan calon Wali Kota Manado belum dimulai. Tetapi nama-nama figur yang kans diusung mulai dibicarakan.

Sejumlah nama populer mencuat di publik. Hal ini tak mengherankan. Karena 2020 nanti, pemilihan wali kota (Pilwako) digelar. Bursa calon wali kota dan wakil wali kota pun ramai. Para kepala daerah ikut disebut-sebut punya peluang bertarung di pilwako Manado. Sebut saja Bupati Minahasa Royke Roring dan Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap.

Para legislator tak ketinggalan. Ada nama Felly Runtuwene dan Andrei Angouw. Incumbent Wakil Wali Kota Moor Bastiaan pun kans besar diusung di calon wali kota.

Yang cukup fenomenal adalah munculnya nama Jimmy Rimba Rogi atau akrab disapa Imba. Mantan Wali Kota Manado itu ramai dibicarakan. Pada pilwako lalu sebenarnya Imba sudah masuk jajaran calon. Namun kemudian didiskualifikasi.

Karena alasan dia masih tersangkut hukum. Tapi sekarang, Imba sudah menyelesaikan hukumannya. Informasi dihimpun, beberapa partai politik mulai mendekati Imba.

Mantan Wakil Wali Kota Harley Mangindaan juga masuk bursa. Termasuk Ketua TP PKK Manado Paulina Runtuwene. Istri incumbent Wali Kota Vicky Lumentut.

Pengamat politik Dr Stefanus Sampe menilai, semuanya memiliki peluang untuk dicalonkan. Menurutnya lagi, Imba dan Roring adalah sosok menarik di publik. Begitu juga Sumendap.

“Mereka itu memiliki keunggulan tersendiri. Tetapi semuanya berpulang pada sejauh mana mereka dapat meyakinkan masyarakat Manado untuk memilih mereka,” beber Sampe.

Ditambahkan pengamat politik Alfon Kimbal, melihat kompetisi Pilwako Manado, calon yang dibutuhkan adalah mereka yang mau bekerja untuk rakyat.

"Figur calon populis misalnya memiliki ketokohan. Dari segi politik, calon tersebut masuk struktur partai. Pasti akan kuat. Kemudian dari segi sosial, aktif dalam organisasi kemasyarakatan atau keagamaan. Selanjutnya dari segi ekonomi. Harus memiliki modal yang besar," jelasnya.(ite/gel)

Kirim Komentar