27 Mei 2019 11:57

Hutan Bonawang Kotamobagu Banyak Diminati Wisatawan

MyPassion
Suasana hutan kota Bonawang Kelurahan Mongkonai yang sejuk dan indah membuat para wisatawan betah.(Claudia/Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM—Hutan Kota Bonawang Kelurahan Mongkonai, Kecamatan Kotamobagu Barat banyak diminati wisawatan lokal maupun mancanegara. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kotamobagu Moh Agung Adati mengatakan, Hutan Kota Bonawang Kelurahan Mongkonai masuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Provinsi (KSPP).

Lanjutnya, selain Hutan Kota Bonawang, ada dua tempat lain juga di Kotamobagu  yang masuk KSPP. "Diantaranya, Hutan Kota Bonawang, air terjun Molipungan dan Hudiadongan. Ini nantinya akan masuk pengembangan pariwisata provinsi," paparnya.

Menurut dia, saat ini Hutan Kota Bonawang dalam pengawasan pihak pertanian karena pengembangannya yang masih terus dikaji. "Nanti dilihat, bagaimana hasil dari kajiannya, mau dibuat seperti apa," katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Alfian Hasan mengatakan, saat ini pihaknya, terus berupaya melakukan perawatan Hutan Kota Bonawang. "Memang ini menjadi kebanggaan masyarakat Kotamobagu. Yang jelas, selaku dinas teknis, kami terus berupaya melestarikan dan menjaga hutan kota ini," ujarnya.

Dia mengimbau, masyarakat turut serta menjaga keasrian dan bisa menambah koleksi flora dan faunanya. "Kalau ada masyarakat yang ingin menanam pohon, atau anggrek di Hutan Kota Bonawang, tidak apa-apa. Itu justru bagus, jika masyarakat turut berpartisipasi menjaga kelestarian hutan ini," pungkasnya.(tr-06/ite)

Kirim Komentar