25 Mei 2019 13:42

Pleno Penetapan di Bitung Terganjal Gugatan

MyPassion
Deslie Sumampouw

MANADOPOSTONLINE.COM—Partai politik (parpol) dan calon legislatif (caleg) terpilih di Bitung harus bersabar. Karena pleno penetapan yang awalnya diperkirakan tiga hari sesudah pleno penetapan KPU pusat, belum bisa terwujud.

 

Menurut Ketua KPU Bitung Deslie Sumampouw, karena ada gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK) olah pasangan calon (paslon) 02 yaitu Prabowo Subianto – Sandiaga Uno.

“Jadi harus menunggu selesai putusan MK dulu terkait gugatan itu,” ujarnya, kemarin.

Menurut Deslie, pleno penetapan ini bukan tertunda. Tapi harus secara berjenjang. “Karena aturanya harus pleno dulu di tingkat pusat, kemudian di tingkat provinsi, lalu kabupaten/kota,” katanya.

Sebelumnya, Komisioner KPU Bitung Idhli  Rahmadiani mengatakan, sesuai aturan KPU memang menunggu 3x24 jam kalau tidak ada gugatan baru bisa lakukan pleno penetapan.

“Jadi waktunya memang tidak bisa dipastikan. Menunggu gugatan itu tuntas. Yang pasti pleno akan di provinsi dulu baru ke daerah. Jadi kita menunggu,” ujarnya.

Lanjutnya, yang pasti jika akan dilakukan pleno penetapan nanti, semua parpol akan diundang. “Hanya parpol yang kami udang. Bukan caleg. Karena kita tidak berurusan sama sekali dengan caleg,” pungkasnya. (can)

Kirim Komentar