25 Mei 2019 13:46

Pemkot Bitung Dorong Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi

MyPassion
Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban didampingi Sekkot Bitung Audy Pangemanan membuka Pelaksanaan Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kantor Wali Kota Bitung, Jumat (24/5).(Humas dan Protokol Pemkot Bitung)

MANADOPOSTONLINE.COM—Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik akan menunjang pekerjaan pembangunan. Tak terkecuali pembangunan infrastruktur. Hal ini diungkapkan Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban SE MSi saat membuka Pelaksanaan Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kantor Wali Kota Bitung, Jumat (24/5).

 

"Saya percaya bahwa sertifikasi tenaga kerja konstruksi akan menjadi upaya yang tepat guna meningkatkan kompetensi dan kualitas SDM konstruksi nasional agar memiliki daya saing dalam kompetensi global," tutur Lomban didampingi Sekretaris Kota (Sekkot) Bitung Dr Audy Pangemanan.

Menurutnya, dalam dunia kerja, setiap pekerja wajib memiliki sertifikat kompetensi sehingga akan ada banyak manfaat yang didapat. Baik bagi negara maupun bagi pekerja itu sendiri.

"Di antaranya, negara akan mendapatkan manfaat bahwa suatu pekerjaan yang dilaksanakan oleh orang yang bersertifikasi akan mendapatkan hasil konstruksi yang lebih terjamin kualitasnya. Sedangkan manfaat bagi pekerja itu sendiri ialah nilai jual jasanya akan meningkat dan juga mengurangi resiko kecelakaan kerja yang diakibatkan kurang terampilnya SDM yang bekerja," jelasnya.

Lomban juga mengatakan, Bitung saat ini sedang berkonsentrasi penuh membangun infrastruktur seperti jalan raya, jaringan irigasi. “Juga infrastuktur publik bahkan infrastuktur strategis yang sementara dikerjakan. Maka tenaga kerja yang bersertifikat sangat dibutuhkan untuk memastikan bahwa program pemerintah dalam rangka pembangunan ini dapat berjalan dengan baik,” terangnya.

Dia mengatakan, dengan demikian, pelaksanaan sertifikasi ini sangat penting untuk menghasilkan tenaga kerja konstruksi yang tidak kalah saing dengan daerah lain.

Turut hadir, Ketua Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Sulawesi Utara Billy WL Masinambow, mewakili Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar Bambang Siahaan, dan Kadis PUPR Bitung Ignatius Rudy Theno. (can)

Kirim Komentar