25 Mei 2019 07:59

Brimob Viral Asal Sulut Pernah Daftar IPDN

MyPassion
Foto Briptu Andre Iroth dan keluarga yang didapat harian ini dari keluarganya di Desa Wuwuk Barat, Minsel, Jumat (24/5). (Rangga Mangowal/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM—Ada cerita unik dari aksi demo menentang hasil Pemilu 2019 di Ibu Kota Jakarta, Rabu (22/5) lalu. Salah satunya tentang anggota Brimob yang dituding warga negara asing (WNA).

ditelusuri, anggota Brimob yang ada dalam foto yang sempat viral di medsos tersebut, ternyata bernama lengkap Andre Krisandro Iroth. Warga asli Sulut dari Desa Wuwuk Barat, Kecamatan Tareran, Minahasa Selatan.

Wartawan koran ini kemudian berkunjung ke rumah keluarga Andre Iroth di Desa Wuwuk Barat. Kedatangan kami disambut hangat Ibunda Andre, Sjuul Lendo. Andre merupakan anak kedua dari tiga bersaudara.

“Tiga-tiganya laki-laki dan Andre anak kedua. Andre lahir di Manado, tapi waktu dia masih kecil, kami pindah dan menetap di kampung di Wuwuk sebelum pemekaran menjadi Wuwuk Barat,” ungkapnya.

Sjuul Lendo bercerita, anaknya yang lahir 22 Desember 1994 itu menghabiskan masa sekolahnya di Desa Wuwuk Barat. “Sejak SD hingga lulus SMA di sini. Kemudian kami sarankan untuk masuk IPDN, tapi dites terakhir tidak lulus. Akhirnya dia sempat kuliah Jurusan Bahasa Inggris di Unima, tapi hanya dua semester lalu dia ikut tes polisi dan akhirnya tembus. Dia memang bercita-cita jadi polisi,” ungkap sang ibunda.

Masuk pendidikan tahun 2013 dan lulus sebagai anggota Polri. Andre juga pernah mengikuti pelatihan anti teror Indonesia (Platina) Gelombang kedua tahun 2015.

Andre saat ini berpangkat Briptu dan bertugas di Mako Brimob Polda Sulut. Dia juga selama dua tahun menjadi ajudan Kasat Brimob Polda Sulut, sebelum akhirnya kembali ke kesatuan dan di BKO tugas di Jakarta.

Sang Ayah Frans Iroth dan Ibunda Syuul Lendo awalnya mengaku khawatir saat mengetahui Andre mendapat tugas BKO ke Jakarta. Andre sendiri dikabarkan sedang menjalin hubungan dengan seorang perempuan.

Kabarnya selepas tugas akan membicarakan pernikahan. “Mungkin tahun depan (nikah). Karena dia masih sibuk tugas,” tutup ibunda Briptu Andre.

Kasat Brimob Polda Sulut Kombes Pol Mulia Nugraha juga membenarkan Andre anggotanya. “Ia betul (anggotanya). Tapi bukan anggota Manado saja. Ada juga yang dari Palembang (dituding sebagai WNA),” singkat Nugraha saat dikonfirmasi.(rgm/gnr)

Kirim Komentar