24 Mei 2019 11:26

Pemprov Siapkan Usulan Rekrutmen PNS, BKD: Prioritas Guru dan Tenaga Kesehatan

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemerintah Pusat bakal kembali membuka rekrutmen Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun ini. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) pun sudah mulai menyiapkan usulan tenaga yang akan direkrut. Hal ini diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut Femmy Suluh, kemarin.

 

Menurutnya, saat ini pihaknya telah menyiapkan usulan pengisian formasi rekrutmen CPNS 2019.

"Informasi memang sudah didengar. Namun sifatnya belum pasti, karena memang harus ada rapat dulu di Jakarta serta telah mengantongi petunjuk teknis (juknis) baru bisa rekrutmen dilakukan. Dan itu yang belum kita terima. Namun terkait surat edaran dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB), itu tentang usulan pengisian formasi. Ini juga yang memang sedang disiapkan. Tetapi penetapan berapa kuota atau yang disetujui formasi apa saja, itu belum ada," tuturnya.

Suluh juga menerangkan, saat ini pemerintah pusat masih menunggu hasil penginputan e-formasi sampai Minggu kedua Juni. Jika e-formasi tersebut telah tuntas, maka akan kembali ditetapkan pemerintah pusat terkait berapa formasi dan kuota per daerah. Proses ini yang, menurut Suluh, masih sementara berlangsung.

Karena itu, Suluh belum bisa memastikan kapan serta berapa banyak kuota untuk Pemprov Sulut ataupun pemerintah di 15 kabupaten/kota.

"Untuk usulan formasi, kita sedang menginput dalam e-formasi. Karena batas yang diberikan sampai Minggu kedua Juni. Jika sudah tuntas penginputan e-formasi ini, maka akan kembali dikirim ke pusat untuk mendapatkan penetapan. Itu juga hanya sebatas formasi. Kalau kuota atau kapan pelaksanaan, kita belum bisa pastikan. Karena prosesnya sementara berjalan. Namun yang menjadi prioritas kita, masih untuk guru dan tenaga kesehatan serta beberapa tenaga teknis," ujarnya.

Di sisi lain, pengamat pemerintahan Dr Jhony Lengkong mengatakan, profesi PNS ternyata masih jadi primadona bagi sebagian orang. Menurutnya, rekrutmen CPNS oleh pemerintah tahun lalu banyak mencuri perhatian masyarakat terlebih khusus Sulut. Dirinya juga mengatakan, rekrutmen CPNS harus mempunyai prinsip zero growth alias tidak menambah total jumlah PNS bahkan mengurangi.

"Pemerintah daerah harus berpikir keras mengenai anggaran yang ada di kabupaten masing-masing. Saya mengingatkan agar perekrutan yang dilakukan 15 kabupaten/kota dan Pemprov Sulut nantinya, harus mengedepankan asas manfaat dengan mempertimbangkan ketersediaan anggaran. Jangan sampai penerimaan CPNS hanya akan membebankan anggaran di daerah tersebut. Namun saya rasa, dengan digelarnya rekrutmen ini. Maka anggaran telah siap untuk nantinya membiayai mereka," kuncinya. (tr-02/can)

Kirim Komentar