24 Mei 2019 08:26

Parpol-BPN Lanjut ke MK, Hasil Pemilu Bisa Berubah

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Penetapan hasil pemilihan umum (pemilu) 2019 dijadwalkan esok. Namun agenda tersebut kemungkinan ditunda. Imbas gugatan yang masuk ke Mahkamah Konstitusi (MK).

 

Hingga tadi malam, yang resmi memasukkan gugatan di MK khusus Sulawesi Utara (Sulut) adalah PDI Perjuangan Kota Manado. Ketua DPC PDI Perjuangan Manado Richard Sualang, saat diwawancarai tadi malam mengatakan, tim dari Manado sudah berkoordinasi dengan Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) PDI Perjuangan dan telah memasukkan gugatan di MK, kemarin sore.

“Kita menggugat hasil pemilihan legislatif (pileg) khusus DPRD Manado. Di dapil Tuminting-Bunaken,” beber Sualang. Dia melanjutkan, PDI Perjuangan Manado sedang berusaha memperjuangkan kursi ke-11 untuk DPRD Manado.

“Sebelum memasukkan gugatan, kita minta advise dari BSPN. Di samping itu kita juga mempermasalahkan mengenai penyelenggara. Terkait kelalaian,” tukasnya.

Selain PDI Perjuangan, informasi dihimpun harian ini, ada juga beberapa partai politik (parpol) dari Sulut yang siap melayangkan gugatan mereka ke MK.

Akibat dari gugatan yang masuk ke MK ini, Ketua KPU Sulut Dr Ardiles Mewoh mengatakan, penetapan calon terpilih bisa tertunda. “Kalau gugatan tersebut diterima MK untuk dilanjutkan ke proses persidangan, maka penetapan calon bisa tertunda. Hingga menunggu keputusan MK," ujarnya.

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi pun berencana melayangkan gugatannya ke MK hari ini. Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Andre Rosiade mengatakan, gugatan perselisihan hasil pemilu (PHPU) 2019 paslon 02 baru akan didaftarkan ke MK, Jumat (24/5) hari ini. Tim hukum Prabowo-Sandi tengah mempersiapkan gugatan hasil Pemilu Presiden (Pilpres) 2019.

123
Kirim Komentar