24 Mei 2019 11:33

PDI Perjuangan Siap Rebut, Pilwako Bitung `Panas`

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Kota Bitung jadi salah satu peserta Pilkada serentak 2020. Jika periode lalu PDI Perjuangan menempatkan kadernya di papan dua, kali ini partai berlambang banteng moncong putih itu bersiap merebut posisi wali kota.

 

Kader potensial pun disiapkan PDI Perjuangan. Sejumlah nama dari internal partai masuk bursa pencalonan. Sebut saja Maurits Mantiri. Ketua PDI Perjuangan Bitung ini berada di daftar teratas, calon wali kota.

Sekarang Mantiri menjabat Wakil Wali Kota Bitung. Pada pilwako 2015 lalu, dia berhasil menang berpasangan dengan Maxmiliaan Lomban. Nama mulai Mantiri ramai dibicarakan.

Salah satu nama juga yang santer dikabarkan bakal maju di pemilihan orang nomor satu kota Cakalang adalah Vanda Sarundajang. VaSung, sapaan akrabnya, dinilai sukses memperjuangkan program-program pro rakyat di Senayan.

Nama lain ada Hengky Honandar dan Fabian Kaloh. Keduanya berhasil lolos ke DPRD provinsi. Honandar jadi top skor, perolehan suara di dapil Minut dan Bitung.

Soal pencalonan ini, ditegaskan Mantiri, PDI Perjuangan punya mekanisme dalam penetapan calon. “Nanti DPD yang akan mengaturnya, ditetapkan DPP. Jadi kita punya mekanisme sendiri. Pastinya kita siap bertarung,” singkat Mantiri.

Sementara untuk VaSung, melalui ketua tim pemenangannya pada Pileg 2019 Tory Kojongian menuturkan, saat ini srikandi PDIP itu masih tetap berkonsentrasi pada langkah awal.

“Di mana saat ini masuk dalam Komisi X concern dengan bidang pendidikan, melanjutkan tugas selaku representasi rakyat Sulut sehingga mengawal program presiden 20.000 beasiswa bagi anak usia SD hingga S1. Program ini telah dikawal sejak tahun kemarin dan Sulut merupakan salah satu daerah dengan kuota terbanyak yakni 20.000 di luar program reguler yang ada,” kunci Kojongian.

Diketahui pertarungan PDI Perjuangan di Bitung tak akan mudah. Jika memang akan mengusung calon wali kota, PDI Perjuangan harus berhadapan dengan NasDem. Yang kemungkinan besar bakal mengusung Maxmiliaan Lomban. Incumbent wali kota saat ini.

Namun PDI Perjuangan boleh tampil percaya diri. Karena dalam pileg lalu, sukses meraih kursi terbanyak dan berhak pada posisi ketua dewan.(gel)

Kirim Komentar