24 Mei 2019 11:43
Tak Berlaku Bagi Napi Korupsi

Lebaran, 34 Narapidana Lapas Tondano Dapat Remisi

MyPassion
Ilustrasi.(Istimewa)

MANADOPOSTONLINE.COM—Kabar gembira bagi para narapidana yang ada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Papakelan Tondano. Pasalnya, di Hari Raya Lebaran nanti, sebanyak 34 narapidana diusulkan untuk mendapatkan remisi.

"Pada lebaran kali ini yang kami usulkan ada 34 orang. 32 napi pidana biasa, 2 napi pidana khusus yakni kasus terorisme dan kasus trafficking," ungkap Kepala Lapas Tondano Teguh Imanto, Kamis (23/5) kemarin.

Lanjutnya menjelaskan, yang tidak menerima hanyalah warga binaan yang masih berstatus tahanan dan belum ditetapkan sebagai narapidana.

"Ini sudah menjadi hak setiap warga binaan saat hari raya. Untuk Lebaran tahun ini, sesuai usulan. Yang kami usulkan 34 orang. Yang tidak menerima remisi nanti, hanyalah warga binaan yang masih berstatus tahanan," jelas dia.

Ia juga menjelaskan untuk narapidana dalam kasus tindak pidana korupsi, sesuai dengan aturan tidak berhak untuk menerima remisi.

Dirinya berharap, agar para terpidana yang mendapat remisi bebas nanti, kiranya dapat kembali berbaur dengan masyarakat.

"Saya sangat berharap para narapidana yang akan mendapat remisi bebas saat Lebaran nanti. Agar saat kembali ditengah masyarakat bisa mengaplikasikan akan setiap pengarahan serta bimbingan yang didapat selama berada di lapas Tondano,"

Terpisah, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Jeffry Korengkeng menambahkan, kepada seluruh warga binaan yang ada di Lapas Papakelan untuk menyadari apa yang menjadi kesalahannya di masa lalu. serta menjadikannya sebagai pelajaran, guna menjalani kehidupan ke depan dengan jauh lebih baik lagi.

“Kami tentunya terus berupaya menciptakan lapangan kerja baru, sehingga semua SDM yang ada di Minahasa, bisa mendapatkan penghasilan yang layak. Dan dijauhkan dari tindakan melanggar aturan,” tukas Korengkeng.(tr-03/jul)

Kirim Komentar