24 Mei 2019 09:56

Gorut Timbah Ilmu di Kota Cakalang

MyPassion
Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban dan Sekkot Bitung Audy Pangemanan bersama rombongan dari Pemkab Gorontalo Utara, Kamis (23/5) kemarin.(Chanly/Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM—Prestasi dan inovasi Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban SE MSi membuat Kota Cakalang sering dijadikan tempat studi banding (stuban). Seperti kali ini, giliran Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) yang datang timba ilmu, Kamis (23/5) kemarin.

 

Menurut Lomban, rombongan Pemkab Gorut yang dipimpinan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Ridwan Yasin SH MH datang untuk melihat hal-hal positif agar bisa diterapkan di Gorut nanti.

“Salah satunya yang kita unggulkan yaitu program bersih daratan dan juga bersih lautan. Karena Gorut juga memiliki laut. Kita menerapkan less plastic. Kita berharap ini dapat menular ke daerah-daerah lain se-Indonesia,” ujarnya didampingi Sekkot Bitung Dr Audy Pangemanan.

Selain itu, lanjut Lomban, Pemkot Bitung mengunggulkan program BPJS Ketenagakerjaan untuk perkerja informal. “Juga terkait prestasi Korpri. Serta pelayanan one stop service, yang sampai saat ini belum ada yang mengalahkan. Ini suatu kebanggan, kita sudah pada rel yang benar sehingga diapresiasi,” katanya.

Semua program dan prestasi itu, kata Lomban,  yang sering menjadi daya tarik daerah lain untuk stuban.

“Untuk beberapa hal kita juga belajar dari daerah lain. Seperti Gorontalo, kita belajar soal Adipura. Akhirnya kita dapat Adipura dan sekarang sudah ke-13 kali. Misalnya juga kota sehat. Setiap dua tahun kita mendapatkan penghargaan kota sehat,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Gorut Ridwan Yasin SH MH mengatakan, Bitung untuk wilayah timur memang daerah yang paling banyak kelebihan. Seperti pelayanan satu pintu. “Kalau di wilayah timur Bitung yang terbaik. Kalau barat Bandung. Jadi daripada kita jauh-jauh ke Bandung lebih baik ke Bitung,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, mereka juga belajar soal Korpri serta berbagai ilmu dan kiat lain.

“Kita juga belajar soal BPJS Ketenagakeraan. Nanti semua itu, kami akan komunikasikan dengan pimpinan dan terapkan,” katanya.(can)

Kirim Komentar