24 Mei 2019 11:43

Di HUT Mitra, Bupati JS Tagih Pembangunan Jalan Kalait-Lobu

MyPassion
James Sumendap

MANADOPOSTONLINE.COM – Pembangunan infrastruktur menjadi salah satu prioritas program Pemkab Minahasa Tenggara (Mitra). Di momen perayaan HUT ke-12 daerah itu kemarin, Bupati James Sumendap SH menagih janji pembangunan jalan kepada Pemprov Sulut Wakil Gubernur Steven Kandouw.

 

Bupati menuturkan, pembangunan jalan untuk mendukung kelancaran mobilisasi aktivitas warga menjadi prioritas utama guna peningkatan ekonomi warga. Dengan semakin lancarnya akses jalan dari dan ke daerah Mitra, maka roda perekonomian berputar lebih kencang bagi peningkatan kesejahteraan warga.

Tak lupa ia juga mengapresiasi perhatian Pemprov bagi daerah yang dipimpinnya di periode kedua ini bersama wakil Jesaja Jocke Legi.

“Kemajuan Mitra tak lepas dari tangan dingin Gubernur Olly Dondokambey dan wakil Bung Steven Kandouw. Tapi Pemrov masih ada hutang sedikit, yaitu (pembangunan) jalan Kalait - Lobu. Saya berharap ketika pencalonan periode kedua (gubernur dan wakil), semua sudah tuntas. Jangan pernah bermimpi untuk mencalonkan diri kalau jalan itu belum tuntas. Tinggal 8 kilometer.

Karena infrastruktur khususnya di Mitra yang berkewenangan dengan kabupaten, kami telah melaksanakan 87 persen dan 100 persen infrastruktur desa dan 70 persen untuk infrasturuktur jalan perkebunan. Ini semangat juang yang luar biasa. Saya yakin dan percaya gubernur dan wakil akan memperhatikan, karena sudah dianggarkan tahun 2019 sehingga 2020 akan tuntas semuanya,” ujar Bupati JS disambut tepuk tangan ribuan hadirin.

Sementara Gubernur Olly Dondokambey melalui wakil Steven Kandouw mengatakan, pihaknya akan menuntaskan pembangunan itu karena Mitra sudah berkonstribusi baik bagi wajah pembangunan di Provinsi Sulut.

“Mitra banyak terobosan dan inovasi yang tidak dimiliki daerah lain di Sulut. Perlu ditiru tentang e-government yang menjadi pionir di Sulut. Di Indonesia ada rekor Mitra yang pertama membuat Perda tentang anjing gila, disampaikan apresiasi oleh Bapenas di rapat kordinasi di Jakarta. Kami Pemprov Sulut dipuji karena Kabupaten Mitra.

Tentang lingkungan hidup di Mitra menerapkan pembangunan ramah lingkungan  dengan jalan mengurangi penggunaan plastik. Pak Bupati orangnya visioner, di seluruh Sulut belum melaksanakan, di Mitra sudah duluan. Ini luar biasa perlu kita contoh daerah lainnya,” ungkap SK di Ratahan.

Apresiasi prestasi Mitra yang turut mengangkat nama harum Sulut secara nasional, menurut Kandouw, ditunjukkan Pemprov salah satunya dengan memenuhi aspirasi pembangunan jalan yang dimaksud Bupati JS sebelumnya. 

“Tadi disinggung tentang aspirasi rakyat terkait pembangunan jalan. Perhatian khusus Pemprov buat Mitra karena telah menjalankan layanan masyarakat dengan baik. Kehadiran saya di sini atas perintah Gubernur, walaupun daerah lain juga ada yang berhari ulang tahun. Apalagi cuma (pembangunan) jalan Kalait-Lobu dan jalan Amurang – Tombatu, keripik itu (gampang),” tandas SK kembali disambut riuh gembira hadirin. (ctr-04)

Kirim Komentar