23 Mei 2019 12:37

Selamatkan Danau Tondano, Pemkab Minahasa Gandeng ISNDC

MyPassion
Danau Tondano. (Dok)

MANADOPOSTONLINE.COM--Misi menyelamatkan Danau Tondano dari ancaman kepunahan membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa terus melakukan berbagai terobosan. Kali ini, pemerintah berhasil menjalin kerja sama dengan perusahaan yang bergerak di bidang investasi yakni LED Group dan Bapperi Group yang bernaung dibawah Indonesia Sino National Development Committee (ISNDC).

 

Komitmen itu tertuang dalam penandatanganan perjanjian kerja sama antara dua pihak di Ruang Rapat Kantor Bupati Minahasa, Rabu (22/5) kemarin.

Pihak Pemkab Minahasa diwakili Assisten Perekonomian dan Pembangunan Sekdakab Minahasa, Dr Wilford Siagian, sementara itu dari pihak Bapperi Group diwakili Adrianus Taroreh (Chairman), dan LED Group oleh William Shi (Chairman).

Penandatanganan kerja sama ini disaksikan oleh Danny Sondakh dan Suryanto Makalalag dari Bapperi Group, serta sejumlah perwakilan pejabat dari lintas instansi terkait di jajaran Pemkab Minahasa.

Sebelum penandatanganan, Siagian di hadapan para investor memaparkan berbagai potensi yang dimiliki Danau Tondano, diantaranya sebagai sumber energi pembangkit listrik, perikanan, irigasi, hingga sektor penunjang pariwisata daerah. Namun dijabarkannya pula tiga isu yang membuat danau terbesar di Sulawesi Utara ini terancam punah, yakni penyempitan luas danau, pendangkalan dan kualitas air yang mulai menurun.

Ada pula pemaparan dari Kepala Dinas Perkerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR) Ir Novry Lontaan yang menguraikan proposal usulan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, diantaranya pembangunan tanggul, pengadaan alat pengangkat eceng gondok, pembangunan jalan lingkar danau, normalisasi sungai, serta berbagai program lainnya.

12
Kirim Komentar