23 Mei 2019 12:50
Diminta Gunakan Cara Tradisional

Kadis Perkianan dan Kelautan Sitaro: Melaut Pakai Bom Ikan, Warga Bisa Ditangkap

MyPassion
Stenly Langi

MANADOPOSTONLINE.COM—Kejuaraan Perahu Dayung yang dihelat dalam rangka peringatan HUT Sitaro ke – 12. Yang dilaksanakan, Rabu (22/5) di Pantai Boulevard Plaza Ulu, Kecamatan Siau Timur, berlangsung meriah. Terpantau, para nelayan tradisional perwakilan dari berbagai kampung di Pulau Siau, antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Wakil Bupati Sitaro Drs. John Palandung, M.Si, saat membuka lomba tersebut, memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat yang turut ambil bagian dalam menyukseskan salah satu kegiatan dalam rangkaian HUT tahun ini.

"Antusiasme para nelayan sangat tinggi, terlihat dari berbondong-bondongnya peserta kali ini. Tentu, hal ini patut kita syukuri. Berbagai perkembangan yang ada di Sitaro 12 tahun terakhir, lewat pembangunan yang secara bertahap dan berkelanjutan hingga saat ini. Tentunya tak luput dari peran Toni Supit, sebagai mantan bupati dua periode. Tentu saya bersama ibu bupati berkomitmen melanjutkan landasan-landasan pembangunan yang telah digagas pak TonSu," bebernya.

Ia pun berharap seluruh peserta Perahu Dayung ini, selalu mempertahankan adat dan budaya mendayung. Selain itu, mencari penghasilan dengan cara tradisional sebagai nelayan. "Sebab di tengah perkembangan yang ada saat ini, kadang kita menghalalkan segala cara untuk mendapatkan ikan. Meski, di sisi lain keberadaan terumbu karang dan biota laut, terancam karena metode penangkapan yang tidak ramah lingkungan. Seperti menggunakan potas, bom ikan dan sebagainya, yang sesungguhnya tidak aman bagi lingkungan," tuturnya

Sementara itu Kadis Perikanan dan Kelautan Stenly Langi menegaskan, pihaknya tidak akan kompromi saat menemukan nelayan yang menangkap ikan tidak sesuai standar peralatan. "Tentu ini kalau kedapatan akan kita tertibkan bersama pihak berwajib. Nelayan juga harus menjadi perpanjangan tangan pemerintah, kalau ada yang melakukan penangkapan yang merusak lingkungan. Segera laporkan, beserta buktinya. Pastinya ada tindakan tegas," kuncinya. (drp/jul)

Kirim Komentar