23 Mei 2019 12:33

Disdukcapil Gelar Rakor Pengendalian Penduduk

MyPassion
Asisten Pemerintahan dan Kesra Edison Humiang saat membawakan sambutan dalam Rakor Strategi Pengendalian Penduduk, Kamis(23/5) di Hotel Swiss Bell Maleosan Manado.

MANADOPOSTONLINE.COM - Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemerintah Provinsi Sulut Edison Humiang menyampaikan, koordinasi dan sinergitas sangatlah penting. Khususnya bagi Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil dan Keluarga Berencana Daerah Provinsi Sulut dengan semua stakeholder terkait.

 

Menurutnya, data kependudukan harus didata sevalid mungkin. "Intinya terkait data kependudukan ini sangat penting. Perlu adanya sinergitas baik dari dinas dan lainnya," ungkap Humiang saat membukan Rapat Koordinasi Strategi Pengendalian Penduduk, Kamis(23/5).

Menurutnya, koordinasi ini perlu berjalan berkesinambungan. Karena pemerintahan adalah suatu sistem dan di dalam sistem artinya membangun sifat yang artinya koordinasi harus lancar, baik dari pusat hingga ke provinsi itu nyambung.
"Jadi ini penting. Mengingat apa yang dilakukan pusat harus pula dilakukan di provinsi. Jangan, di pusat lain di kita juga lain," katanya.

Berkaitan dengan penduduk, dirinya menyampaikan data penduduk digunakan di mana pun. Fungsinya sangat luas.
"Maka dari itu, saya imbau kepada stakeholder terkait disdukcapil dan kb agar selalu melakukan koordinasi. Supaya data penduduk kita baik. Karena fungsi data penduduk itu digunakan di mana-mana," imbaunya.

Dirinya pun berharap, lewat rakor ini masukkan dan saran dapat dilemparkan di forum ini. Mengingat, forum ini sangat penting untuk kelanjutan kependudukan yang ada di Provinsi Sulut.

Sementara itu, Kepala Dinas DukCapil dan KB Dr Bahagia Mokoagouw menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan sinergitas khususnya di bidang pendudukan.

"Jadi tujuannya adalah untuk meningkatkan sinergitas, komitmen dan dukungan pemerintah daerah dalam pengendalian penduduk tahun 2019," singkatnya.

Diketahui, dalam acara tersebut dihadiri oleh Direktur Analisis Dampak Kependudukan BKKBN  Pusat Dra. Hitima Wardhani, MPH, Kepala BKKBN Provinsi Sulut Drs, Sugiyatna MM dan seluruh Kadis dan Perwakilan Kabupaten/kota.(gab)

Kirim Komentar