23 Mei 2019 14:09

437 Juta Renovasi RTLH di Mitra

MyPassion
Novie Legi

MANADOPOSTONLINE.COM—Anggaran Rp 437 juta dikucurkan khusus untuk perbaikan rumah tak layak huni (RTLH). Kepala Dinas perumahan dan Pemukiman Rakyat (Perkim) Mitra Novie Legi menyebutkan, ratusan juta tersebut diperuntukkan untuk 25 kepala keluarga penerima. “Total anggarannya berasal dari APBD untuk 25 rumah,” ujarnya.

 

Menurut Legi, setiap penerima bantuan nanti mendapat Rp 17,5 juta. Dimana dia mengatakan  program bantuan ini bersifat stimulan. Serta perbaikan juga dilakukan secara swadaya dari penerima. “Nanti kita akan melakukan proses verifikasi nama penerima dan akan mengeluarkan SK Bupati. Kemudian dilakukan lelang ke pihak ketiga," jelasnya.

Meski begitu, program ini tetap memiliki syarat. Untuk mendapatkan bantuan harus masyarakat yang sudah berkeluarga dan menepati satu-satunya rumah yang tak layak huni. "Tak layak huni dilihat dari sisi Aladin (atap, lantai dan dinding) termasuk jamban,” jelasnya.

Bantuan dana perbaikan RTLH diharapkan dapat dimaksimalkan penerima untuk memenuhi standar rumah layak huni. "Dengan adanya bantuan ini bisa bisa untuk memperbaiki struktur bangunan. Selain itu, faktor kesehatan rumah juga perlu diperbaiki," pungkasnya.(cw-01/gnr)

Kirim Komentar