22 Mei 2019 09:18

Waspada Cacar Monyet, Bandara Samrat Pasang Pendeteksi

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COMPenyakit cacar monyet memang belum ditemukan di Indonesia. Untuk saat ini penyebaran paling dekat dari Singapura. Mengingat Bandara Sam Ratulangi Manado memiliki penerbangan langsung Singapura-Manado dan sebaliknya, Nyiur Melambai patut waspada.

 

Communication and Legal Section Head PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Angga Maruli mengatakan, berdasarkan Surat Edaran Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan nomor SR.03.04/II/1169/2019, tentang Kewaspadaan Importasi Penyakit Monkeypox, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) diminta melakukan pengawasan intensif.

“Di bandara sudah ada alat pendeteksi suhu tubuh yang ditaruh di beberapa titik. Itu untuk mendeteksi penyakit Monkeypox (cacar monyet). Bukan hanya karena virus ini, tapi mencegah masuknya virus yang lain,” ujarnya saat diwawancarai kemarin.

Dia juga mengaku, untuk pencegahan penyakit cacar monyet merupakan tugas kerja Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). "Kalau kami dari bandara selalu berkoordinasi dengan pihak KKP terkait pencegahan penyebaran penyakit cacar monyet ini,” sebutnya. 

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia meminta masyarakat tidak perlu panik terkait ditemukannya penyakit cacar monyet di Singapura.

"Sampai saat ini belum ditemukan kasus Monkeypox di Indonesia," kata Anung Sugihantono, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, kepada liputan6.com.

12
Kirim Komentar