22 Mei 2019 13:54
Disnaker Boltim Sediakan Posko Aduan

Wajib Diberikan 7 Hari Sebelum Labaran, THR Jadi Penyemangat Bekerja

MyPassion
Irwan Demak

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) tidak hanya  dirasakan oleh para Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tapi juga para pekerja swasta. Di Boltim untuk menjamin THR para buruh, pemkab menyediakan posko aduan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Boltim Irwan Demak menjelaskan, sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran (SE) Ketenagakerjaan RI 2/2019 tentang THR keagamaan bagi pekerja perusahaan, maka pihaknya mendirikan posko aduan THR. "SE sudah ada. Sehingga, THR wajib diberikan. Makanya kami membuka posko pengaduan untuk memastikan semua perusahaan di Boltim memberikan THR untuk semua karyawan yang akan merayakan lebaran," katanya.

Nilai THR, lanjutnya, sama dengan penerimaan gaji pokok. Namun, menurutnya,  pihaknya tetap menunggu Juknis. Karena di Boltim hanya beberapa perusahan saja yang memenuhi syarat untuk membayar THR sesuai UMP. "Hanya bagi perusahaan besar. Seperti, PT ASA, JRBM, Alfamart serta Indomaret," sebutnya.

Dia mengingatkan pembayaran THR harus diberikan tujuh hari sebelum lebaran. "Seperti tahun sebelumnya batas pembayaran THR oleh perusahaan tujuh hari sebelum lebaran. Dan ini merupakan kewajiban perusahaan," tekannya.

Di sisi lain, Ekonom Sulut Robert Winerungan menilai  pemberian THR pada setiap pekerja adalah sebuah kewajiban perusahaan. Namun, para pekerja pun harus bisa memberikan kontribusi yang baik untuk perusahaan tersebut. Artinya jangan hanya menuntut hak tapi kewajiban tidak dilaksanakan.

Lebih jauh, Dosen Unima tersebut mengatakan, dari sisi ekonomi pemberian THR oleh perusahaan pun akan memberikan dampak yang baik. Khususnya terjadinya peningkatan transaksi daya beli.

Dia pun berharap, pemberian THR tersebut bisa memberikan dampak yang baik bagi perekonomian Sulut dan juga peningkatan kualitas kerja. "THR bisa menjadi penyemangat para pekerja. Sehingga kontribusi mereka pada perusahaan semakin besar dan dampaknya bagus," tandasnya. (tr-01/ite)

Kirim Komentar