22 Mei 2019 14:47

Tangkap Puluhan Provokator, Polri: Peristiwa Semalam By Design

MyPassion
Muhammad Iqbal

MANADOPOSTONLINE.COM--Polri menduga, peristiwa yang menyebabkan wilayah DKI Jakarta hingga terjadi keonaran sudah terencana. Sebab dari 69 orang yang sudah diamankan, mereka datang bukan dari luar wilayah Jakarta. Hal itu diungkapkan Kadiv Humas Polri Irjen Pol Muhammad Iqbal.

Dia menyebut, segerombolan massa aksi datang dari wilayah Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Oleh karena itu, Polri hingga saat ini masih mendalami terjadinya kerusuhan massa tersebut.

“Dari massa yang aksi damai bahwa peristiwa yang tadi malam bukan peristiwa spontan tapi by design, settingan,” tegas Iqbal.

Kepolisian mengamankan setidaknya 69 terduga provokator pada peristiwa kericuhan antara massa dengan petugas keamanan semalam. Kericuhan terjadi di sekitar kantor Bawaslu, Thamrin, Jakarta Pusat.

“Massa yang tadi (di Bawaslu) sudah terurai pukul 03.00 WIB oleh petugas. Dari insiden itu, Polda Metro Jaya mengamankan 58 orang yang diduga provokator dan saat ini sedang kita dalami,” ujar Iqbal.

Pada saat bersamaan, massa dengan jumlah sekitar 200 orang berkumpul di Jalan KS Tubun, Petamburan, Jakarta Pusat. Kericuhan kembali terjadi hingga pukul 05.00 WIB. Massa melemparkan batu, molotov, petasan, dan botol ke arah petugas keamanan dan dibalas dengan gas air mata.

“Kami amankan 11 orang dari ratusan massa itu yang diduga provokator. Saat ini sedang didalami di Polda Metro Jaya,” jelas Iqbal.(jawapos)

Kirim Komentar