22 Mei 2019 00:18

Soal Ranking UNBK Jeblok, Punuh `Salahkan` Kepsek dan Guru

MyPassion
Grace Punuh

MANADO—Dunia pendidikan Sulawesi Utara (Sulut), sedang disorot lantaran ranking Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang jeblok. Tiga pilar utama pendidikan, yakni kepala sekolah, pengawas dan guru, serta dinas pendidikan daerah pun banjir kritik dari berbagai pihak.

Kepala Dinas Pendidikan Daerah Sulut dr Grace Punuh MKes pun ‘menyalahkan’ kepsek dan guru atas hal ini. Ke depan, kata mantan Kadis Sosial ini, kinerja para kepala sekolah akan dievaluasi. “Kami telah membedah semua unsur baik dari segi kepala sekolah, guru, murid, pengawas dan orangtua siswa serta semua yang terlibat dalam sektor pendidikan lewat pertemuan fokus grup discussion. Kesimpulannya kita harus ada roadmap pendidikan. Mulai dari jangka pendek, menengah dan jangka panjang," ujarnya.

Punuh menerangkan, jangka pendek dimulai lewat percepat pembentukan dewan pendidikan kemudian regulasi pergub untuk revitalisasi SMK dan sumbangan pendidikan. Juga memperkuat mutu guru lewat pelatihan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Selanjutnya, sebelum akhir tahun akan mencoba buat rembuk daerah dan di akhir tahun siswa yang duduk di kelas XI sekarang akan simulasi ujian nasional.

"Bedah mutu pendidikan ini berkemungkinan akan ada rolling kepala-kepala sekolah. Memang evaluasi itu dari pimpinan tapi kami akan memberikan masukan. Karena itu tugas kami sebagai kepala dinas," ungkapnya.

Mengenai target ranking di tahun 2020, Punuh enggan memberikan angka pasti. "Kami akan membuat perjanjian kinerja dengan para kepala sekolah. Dari semua perjanjian kinerja akan diakumulasi. Setelah itu baru kami berani menargetkan ranking untuk tahun depan," terangnya.

"Sudah saatnya kita melihat ketika ada punishment maka ada reward. Justru kita terpikir kenapa tidak ada reward bagi siswa dan guru serta sekolah yang UNBK-nya di atas. Tapi dilihat untuk Sulut agak miris, karena 10 teratas adalah sekolah swasta dan 10 terendah sekolah swasta. Berarti logikanya, sekolah negeri ada di tengah. Hal-hal seperti itu yang menjadi terobosan kami," tukasnya.(lin)

Kirim Komentar