22 Mei 2019 13:15

Serunya Field Trip Siswa MIS

MyPassion
Field trip siswa MIS di Kota Adelaide, Australia.(dok MIS)

MANADOPOSTONLINE.COM—Manado Independent School (MIS) adakan Field Trip bagi siswa TK, SD, SMP dan SMA. Program field trip yang sudah menjadi agenda di kalender sekolah ini, selalu diadakan setahun sekali pada semester kedua. Tujuan field trip agar siswa dapat mengenal kegiatan luar sekolah yang tidak diajarkan di dalam kelas.

Hingga membuat mereka mencari tahu informasi baru yang bermanfaat untuk penambahan ilmu pengetahuan dan wawasan. Hasil dari kegiatan ini bisa membuat siswa terinspirasi lagi untuk mengembangkan kreativitas mereka dalam bidang akademik dan non-akademik.

Kegiatan beredukasi ini telah dimulaikan pada Selasa 14 Mei - Jumat 17 Mei 2019. Tempat yang dikunjungi pun terbagi dua. Lokal daerah dan internasional. Tahun ini, siswa yang mengikuti field trip internasional mengunjungi negara Kanguru. Yaitu Australia. Tepatnya di Kota Adelaide. Selain mempelajari budaya serta kehidupan sosial di Australia, MIS juga mengadakan kerjasama dengan salah satu sekolah di Australia yaitu Emmaus Christian College.

Sekolah Emmaus sudah tidak asing lagi bagi MIS. Karena November tahun 2017, MIS menjadi salah satu sekolah di Indonesia yang berhasil terseleksi. Untuk mengikuti program bridge di Australia. Mereka adalah Petra Th Norimarna MEd dan Windy Tumurang MSc. Kunjungan mereka kesana untuk mengamati dan bekerjasama dengan guru-guru dan siswa yang berada di sekolah tersebut.

Lain lagi cerita siswa yang mengikuti karya wisata lokal. Untuk TK, siswa mengunjungi Pizza Hut Martadinata Manado, siswa kelas 1-3 SD ke Perpustakaan & Arsip Daerah Sulut dan TVRI Manado, siswa kelas 4-6 SD ke PLTA Tonsea Lama dan Perpustakaan & Arsip Daerah Sulut, siswa SMP ke Basarnas Minut, PT. Indofood dan PLTP Lahendong, sedangkan siswa SMA kelas 10 ke Markas TNI, SITASYA dan BANK Indonesia dan siswa kelas 11 ke Markas TNI, Gedung Keuangan, dan Bank Indonesia.

Saat ditanyai tentang kegiatan field trip internasional, Jeremy Ebro, MIT guru SD MIS dan salah satu guru yang mendapat kesempatan ikuti field trip ke Adelaide, Australia menggambarkan keadaan Adeleaide yang sangat bersih dan segarnya udara di sana. Serta gedung-gedung dan kendaraannya telah tertata dan terstruktur dengan baik.

Menyangkut dengan program MIS mengadakan kegiatan field trip internasional, ditambahkan Jeremy, MIS menyediakan kesempatan yang baik untuk berkolaborasi bersama dengan siswa, guru, dan menyatupadukan pemikiran baru dengan lingkungan informal yang untuk meningkatkan pembelajaran yang inisiatif. “It aims to give an inquiry field experience for the city they explore such as geographical landforms, features, art forms and biodiversity of a natural environment.”

Disinggung mengenai kunjungan ke Emmaus Christian College (ECC), Jeremy merasa kagum saat melihat sekolah ini. “ECC was so amazing with regards to their type of learning, educational system and facilities. They welcoming us with warm and good hospitality,” tutup Jeremy.(*)

Kirim Komentar