22 Mei 2019 15:19

Sekkab Minsel: Nasib PD CWE Tergantung Hasil Evaluasi

MyPassion
Denny Kaawoan

MANADOPOSTONLINE.COM—Perusahaan Daerah Cita Waya Esa (PD CWE) ternyata masih diberikan kesempatan oleh Pemkab Minsel, mengelola pasar. Padahal awalnya, sudah ada perbup yang mengatakan pengelolaan pasar telah kembali ke Dinas Perdagangan. Hal itu dibenarkan Sekkab Minsel Denny Kaawoan saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Selasa (21/5) kemarin.

 

“Jadi memang sebelumnya, bupati sudah menginstruksikan untuk CWE ini segera diberhentikan dan diisi ke instansi terkait. Hanya saja, kita berikan masukan untuk tidak serta merta langsung diberhentikan. Maka kita berikan kesempatan lewat penilaian. Setelah kita lihat di enam bulan pertama kita nilai ternyata ada kemajuan dari tahun sebelumnya, jadi kita beri kesempatan kembali CWE untuk lanjut,” jelas Kaawoan.

Ditambahkannya, berbagai pertimbangan dan catatan yang diberikan Pemkab bagi PD CWE, salah satunya CWE menjaminkan harus ada target peningkatan PAD yang signifikan lewat retribusi. “Kemudian sistemnya harus dirubah dari saat ini penarikan retribusi pasar secara tunai, harus segera dirubah non tunai,” tambahnya.

Meski begitu, Kaawoan menegaskan, jika dalam evaluasi ke depan PD CWE tidak ada peningkatan, maka akan kembali ditinjau dan diberhentikan. “Kalau nanti saat kita evaluasi PD CWE tidak ada perubahan dan kemajuan dari segi PAD dan sebagainya, maka sewaktu-waktu bisa akan segera dipangkas,” pungkasnya.

Terpisah Dirut PD CWE Jootje Tuerah mengaku, di kesempatan yang diberikan Pemkab Minsel, pihaknya optimis dengan segala perbaikan yang ada, CWE akan lebih baik dan bisa menaikkan pendapatan. "Kami optimis akan lebih baik dari sebelumnya. Saat ini juga kami datang melaporkan ke sekkab terkait sistem non tunai yang sementara dalam tahap pendataan. Kita sudah bicarakan dengan pihak cabang Bank BRI dan dalam waktu dekat, walaupun pedagang baru sedikit yang terdata kita akan jalankan sistem non tunai itu," tukasnya.(rgm/gnr)

Kirim Komentar