22 Mei 2019 15:04
DPRD Diminta Jalankan Fungsi Pengawasan

Minut Koleksi Puluhan Plt

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Kesekian kalinya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) melakukan rolling pejabat untuk penyegaran, namun hanya sebatas Pelaksana Tugas (Plt). Tak heran koleksi Plt di Pemkab Minut semakin banyak. Bahkan sudah puluhan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dipimpin Plt.

Hal tersebut mengundang kritik Aktivis Minut William Luntungan. Dikatakannya, hingga saat ini hampir 30 jabatan Pemkab Minut dipimpin Plt. "Sah-sah saja jika bupati melakukan penyegaran kabinet tetapi tentunya harus melalui kajian Baperjakat. Agar jabatan yang akan diisi mampu diemban oleh pejabat yang bersangkutan sesuai dengan bidang ilmu masing-masing," ujarnya.

Ia pun berharap, kinerja wakil rakyat yang selama ini terkesan masa bodoh dengan hal ini, dapat menjalankan fungsi pengawasan, bukan hanya sibuk tugas luar. "Kurangi dulu tugas luar, benahi didalam tubuh pemkab. Panggil hearing Bapperjakat yang rajin rolling pejabat. Karena kalau sering ganti pejabat juga tidak baik. Karena program belum dijalankan sudah ganti pemimpin," keluhnya.

Terpisah, Ketua DPRD Minut Berty Kapojos SSos saat dikonfirmasi mengatakan, rolling jabatan adalah hak prerogatif bupati. "Saya menghimbau agar rolling jabatan dilaksanakan sesuai aturan. Jangan sampai hanya waktu singkat menjabat sudah di rolling. Bagaimana pejabat akan berkreasi. Baru akan menjalankan program sudah di rolling," ujarnya.
Kapojos pun kembali menghimbau agar pemkab dapat mempertimbangkan rolling yang dilakukan.(ria)

Kirim Komentar