22 Mei 2019 10:01

Masuk Bappenas MOR III Digenjot, BPN: Tahap II Perlu Kerja Keras

MyPassion
Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengunjungi lokasi MOR III yang menjadi program prioritas daerah, Selasa (21/5).

"Ya untuk total lahan yang sudah diselesaikan di MOR III ada pada kisaran 80 persen. Untuk tahap I sudah kita anggap 100 persen. Karena yang tersisah di tahap I ini hanya lahan-lahan yang tidak bertuan. Ada juga yang tidak memiliki dokumen yang jelas. Kalau seperti itu, kita titip di pengadilan.

Nanti diselesaikan di sana, yang pasti pekerjaan di tahap I bisa running di 100 persen itu. Namun untuk tahap I ini, masih akan ada pembebasan lagi. Karena ada tambahan bukaan. Saya sudah sampaikan di rapat, bahwa memperhatikan bukaan ini. Dan benar pada titik awal kerja, harus ada tambahan bukaan. Sehingga kita harus bebaskan lagi," ujarnya.

Untuk tahap II menurutnya, masih perlu kerja keras. Karena 20 persen dari total lahan yang akan dibebaskan, berada pada tahap II tersebut. Ungkapnya, kendala yang dihadapi saat ini adalah proses keuangan. Karena lahan di tahap II tersebut sudah selesai diukur tinggal menunggu proses pembayaran yang sampai saat ini masih belum dilakukan.

Namun ada juga beberapa bidang yang sementara dilakukan penilaian oleh tim appraisel. Pekerjaan waktu lalu sempat tertunda karena anggaran yang terbatas.

"Untuk tahap II ini masih perlu kerja keras. Karena memang lahan terbesar yang belum terbebaskan ada di tahap II ini. Ya memang kendalanya hanya anggaran. Karena memang sejak Januari sampai saat ini, sudah tidak ada kegiatan yang kita lakukan. Karena anggaran yang belum ada.

Jika sudah, maka pekerjaan kita sudah bisa mulai lagi. Karena selain belum dilakukannya pembayaran, masih ada tim appraisel juga yang melakukan penilaian di tahap tersebut. Kita memang sedang berusaha, agar lahan di tahap II tersebut bisa tuntas tahun ini. Namun harus kembali lagi soal anggaran, apakah sudah siap atau tidak," kuncinya. (tr-02/can)

12
Kirim Komentar