22 Mei 2019 10:01

Masuk Bappenas MOR III Digenjot, BPN: Tahap II Perlu Kerja Keras

MyPassion
Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengunjungi lokasi MOR III yang menjadi program prioritas daerah, Selasa (21/5).

MANADOPOSTONLINE.COM—Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey (OD) terus menggenjot pekerjaan dan pembebasan lahan di Manado Outer Ring Road (MOR) III Winangun-Malalayang sepanjang 11,4 kilometer.

Pekerjaan tersebut digenjot, karena Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut sudah mengusulkan MOR III ini ke Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk mendapatkan perhatian dan dukungan anggaran. Selasa (21/5) kemarin, OD mengunjungi MOR III untuk memantau perkembangan dari proyek strategis daerah tersebut.

"MOR III ini sangat penting bagi daerah. Dan menjadi program strategis kita yang saat ini sementara digenjot. Karena jika MOR III sudah selesai dibangun akan mengurai kemacetan di jalur Malalayang-Bahu dan pusat kota. Karena kendaraan sebagian akan berpindah ke jalan ring road.

Sebagai contoh dari arah Malalayang jika ingin ke bandara, arah Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Utara (Minut) dan Kota Tomohon, tidak harus melintasi pusat kota, tetapi bisa lewat jalur cepat MORR III. Begitu juga sebaliknya, dari arah Mapanget, Paal Dua, Kota Bitung, Kabupaten Minut dan Kota Tomohon yang hendak ke Malalayang dan Tateli tidak harus melewati pusat kota, tetapi sudah melalui MORR III," tutur OD.

Sementara itu, Sekretaris Pengadaan Tanah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Perwakilan Sulut Samsudin Kono mengatakan, saat ini kesiapan lahan di MOR III berada pada kisaran 80 persen. Untuk tahap I, menurutnya, sudah hampir 100 persen.

Di tahap I tersebut masalah yang dihadapi adalah lahan yang tidak bertuan. Serta tidak memiliki dokumen jelas. Karena itu, pihaknya mengganggap, bahwa tahap I sudah 100 persen dan pembangunan sudah bisa dilakukan.

12
Kirim Komentar