22 Mei 2019 14:29
Nyaris Hanyut, Akibat Mesin Kapal Mati

Kapal Stasiun PSDKP Tahuna Evakuasi 19 ABK di Laut Sulawesi

MyPassion
Evakuasi kapal ikan KM Hillary I di perairan Laut Sulawesi.(Humas)

MANADOPOSTONLINE.COM—Kapal Hiu 15 milik Stasiun Pengendalian Sumber Daya Kelautan Perikanan (PSDKP) Tahuna berhasil mengevakuasi kapal ikan KM Hillary I GT 34. Kapal ini mengalami kerusakan mesin di Laut Sulawesi Minggu (19/5).

 

Kepala Stasiun PSDKP Tahuna Johanis Medea SSt Pi menjelaskan, Sabtu (18/5) pekan lalu KP Hiu 15 menerima laporan dari masyarakat. Terkait adanya kapal ikan KM Hillary I mengalami kerusakan mesin dan membutuhkan pertolongan.

Diketahui, kapal ikan tersebut dinakhodai Johanis Tatangindatu. Berdasarkan informasi, KM Hillary I sedang melaksanakan pelayaran dari Kepulauan Talaud menuju Perairan Makalehi. Tiba-tiba mengalami trouble mesin induk. Kerusakan terletak pada bagian Gearbox, sehingga kapal tidak dapat bergerak.

"Nakhoda KM Hillary I memutuskan meninggalkan kapal. Dengan menggunakan perahu bantu atau katinting. Sampai mencapai daratan Kampung Beng Kepulauan Sangihe dan selanjutnya ke Tahuna untuk meminta bantuan kepada petugas terdekat agar dapat mengevakuasi KM Hillary I," jelas Medea.

Setelah menerima informasi secara utuh lanjut Kepala Stasiun, Nahkoda KP Hiu 15 Capt Aldy Firmansyah segera melaporkan kejadian tersebut kepada Kepala Stasiun PSDKP Tahuna. Pada saat ditemukan KM Hillary I sudah hanyut ke arah Barat Daya ± 6 NM dari koordinat awal, dan ke 19 dalam kondisi sehat dan selamat. "Pada hari Minggu 19 ABK berhasil dievakuasi dan selanjutnya ditarik menuju Pelabuhan Tahuna. Dari hasil pemeriksaan di ketahui data KM Hillary I," kunci Medea.(wan/gel)

Kirim Komentar