21 Mei 2019 16:50

Poktan Desa Pondos MInsel Dibekali Pengetahuan Pertanian

MyPassion
Hukum Tua Desa Pondos menyerahkan bantuan berupa alat pertanian bagi para poktan desa.(Dok. Desa)

MANADOPOSTONLINE.COM—Program Presiden Joko Widodo perihal pembangunan dan peningkatan kesejahteraan desa lewat dana desa, diimplementasikan secara nyata oleh pemerintah Desa Pondos, Kecamatan Amurang Barat, Minsel. Melalui dandes pemerintah desa menggelar pelatihan peningkatan kapasitas bagi kelompok tani (poktan). Sekaligus memberikan bantuan berupa alat pertanian bagi para poktan, Senin (20/5).

Pemateri didatangkan oleh pemerintah desa, yang merupakan ahli di bidang penyuluh pertanian. Mulai dari materi bercocok tanam, penggunaan pupuk dan alat pertanian. Hingga trik dan tips mencegah masuknya hama di ladang, dipaparkan penyuluh pertanian Joutje Lengkey.

“Kegiatan yang dilaksanakan bertujuan untuk menciptakan petani Pondos yang handal. Di mana para petani diajarkan bagaimana memahami mekanisme bercocok tanam, baik penggunaan pupuk, pengoperasian alat pertanian, bahkan pun sampai dengan penggunaan pestisida,” ujar Hukum Tua Desa Pondos Charel Ampouw.

Sebagai pemerintah desa, dirinya mengharapkan kegiatan ini bukan hanya untuk meningkatkan pengetahuan petani, tapi juga  untuk menyukseskan program pemerintah kabupaten Minsel yang sementara digalakkan oleh Dinas Pertanian. "Yaitu menciptakan daerah yang kita cintai sebagai sebuah daerah sentra produksi Pajale," tambahnya.

Selain melaksanakan pelatihan, kesempatan tersebut juga dimanfaatkan pemerintah desa untuk menggelar kegiatan posyandu pemeriksaan balita dan lansia. Juga pemberian makanan bergizi kepada anak-anak dan balita, serta obat-obatan bagi para lansia.(rgm/gnr)

Kirim Komentar