21 Mei 2019 15:48

Kepala DPMD Bolmong: Pendamping Desa Jangan Makan Gaji Buta

MyPassion
Ahmad Yani Damopolii

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong mewarning pendamping desa. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bolmong Ahmad Yani Damopolii mengatakan, jika ditemukan ada pendamping desa yang tidak menjalankan tugas segera laporkan. 

"Karena seluruh pendamping desa di wilayah Bolmong wajib menjalankan tugas mereka sebagai pendamping. Sehingga hasil pendampingan di setiap desa bisa terlihat hasilnya," ungkapnya. 

Dia juga meminta kepada sangadi, aparat desa, dan juga masyarakat, jika ada pendamping yang makan gaji buta atau tidak menjalankan tugasnya di lapangan segera laporkan ke DPMD. "Kalau ada pendamping desa yang tidak melakukan tugasnya dengan baik dalam pendampingan desa, segera laporkan ke DPMD," pintanya. 

Dia menjelaskan, tugas pendamping desa yaitu melakukan tindakkan pemberdayaan masyarakat melalui asistensi, pengorganisasian, pengarahan dan fasilitasi desa. "Pendamping desa merupakan bentuk nyata program pemerintah yang ingin membangun negeri dari pinggiran. Dengan adanya mereka, tiap desa bisa ada arahan dan tujuan yang sistematis untuk kemajuan desa itu sendiri," paparnya. 

Menurut dia, minimnya SDM dalam pengelolaan kemajuan desa, maka  pendamping desa hadir sebagai konsultan yang terjun langsung, untuk membimbing dan meningkatkan serta mengoptimalkan program pembangunan desa. "Jadi peran mereka sangat penting, untuk mengoptimalkan program pembangunan desa," katanya.

Dia menegaskan, salah satu syarat suksesnya pembangunan desa, dilihat dari kinerja pendamping desa dalam melakukan pendampingan. "Diharapkan pendamping desa benar-benar bertanggung jawab dalam tugas yang sudah mereka terima dan menjalankannya dengan baik," pungkasnya. (cw-03/ite)

Kirim Komentar