21 Mei 2019 15:58

Bantuan Eks Napi Boltim Ditolak

MyPassion
Rudi Malah

MANADOPOSTONLINE.COM—Dinas Sosial (Dinsos) Boltim mengembalikan beberapa berkas pengajuan bantuan untuk eks narapidana (Napi) Boltim. "Kami kembalikan karena berkas yang dimasukan tidak lengkap. Pemerintah desa tidak menyertakan surat bebas dari Rutan atau Lembaga Pemasyarakatan (LP) juga surat putusan pengadilan. Sehingga kami tolak," kata Kepala Seksi Tuna Sosial Dinsos Boltim Vivi Dunggio.

Menurut dia, sebelum bantuan diberikan, pihaknya harus memastikan apakah bantuan tersebut akan diberikan pada eks Napi atau tidak. Dia membeber hingga saat ini baru enam berkas yang lengkap dimasukan dari desa. Padahal, lanjutnya,  pemkab menganggarkan Rp 158 juta tahun ini untuk bantuan 15 orang eks Napi, dalam bentuk mesin paras dan sensor. "Anggaran disediakan untuk Napi Rp 152 juta. Tapi total anggaran bantuan Dinsos tahun ini sebesar Rp 460 juta," katanya.

Di sisi lain, Kepala Dinsos Boltim Rudi Malah mengatakan, program bantuan cacat, eks Napi dan rawan sosial, tiap tahun dianggarkan. "Jadi bantuan itu diberikan untuk meningkatkan perekonomian rakyat khusus rawan sosial," ujar Rudi Malah. Sembari menambahkan, perlu adanya kerja sama dari pemerintah desa untuk memasukkan data.(tr-01/ite)

Kirim Komentar