20 Mei 2019 08:58
Tirajoh: Yang Harus Dikejar Kegiatan Belajar Mengajar

ORI Sebut Ekstrakurikuler Penyebab Jebloknya Pendidikan di Sulut

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM--Kepala Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Sulawesi Utara Helda Tirajoh mengatakan, kegiatan ekstrakurikuler salah satu penyebab jebloknya pendidikan di Sulut.

“Kita selalu menyampaikan hal ini. Yang harus dikejar itu kegiatan belajar mengajar,” ungkapnya saat diwawancarai Manado Post kemarin. “Jadi kesimpulannya kegiatan ekstrakurikuler harus dievaluasi lagi. Karena sangat miris jika pendidikan di Sulut turun sampai peringkat ketiga terbawah,” sambungnya.

Dari kacamata ORI, saat ini juga harus ada evaluasi bagi guru dan sekolah-sekolah yang selalu mengejar target kegiatan ekskul. Tetapi tidak ada target mengejar hasil atau kualitas pendidikan. Bahkan saat ini di Sulut menurutnya, sekolah lebih mengejar nama favorit, tetapi tidak mengejar kualitas pendidikan.

“Yang kami amati memang betul pendidikan di Sulut menomorduakan kualitas pendidikan. Apalagi ada sekolah yang mengejar nama sekolah favorit. Sangat disayangkan, ada komite sekolah, tetapi banyak komite sekolah tidak mengevaluasi kualitas pendidikan. Hanya target bagaimana menambah dana bagi sekolah. Ini sangat memprihatinkan bagi kita,” ujarnya.

Dari hasil amatan ORI juga, ada sekitar 70 persen sekolah yang tidak menomorsatukan kualitas pendidikan melalui kegiatan belajar mengajar. Yang ada katanya, sekolah-sekolah tersebut lebih menomorsatukan kegiatan ekskul.

“Jadi banyak juga sekolah yang mementingkan keuntungan. Bagaimana menambah pendapatan. Tanpa memikirkan kualitas pendidikan. Yang buat kita kaget lagi, ada sekolah yang memiliki 20-an kegiatan ekstrakurikuler. Otomatis ini mengganggu proses belajar mengajar. Dan yang utama juga, kepala dinas pendidikan harus mengawasi dan evaluasi kepala sekolah dan jajaran, serta bagaimana menaikkan kualitas pendidikan dalam proses belajar mengajar,” ungkapnya.(Tim MP/gnr)

Kirim Komentar