20 Mei 2019 11:55

Distanak Boltim Canangkan Program Siwab

MyPassion
Muhammad Insani

MANADOPOSTONLINE.COM—Tahun ini program Sapi Indukan Wajib Bunting (Siwab) mulai dicanangkan oleh Dinas Pertanian dan Perternakan (Distanak) Boltim. Kepala Distanak Boltim melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Muhammad Insani menekankan, program Siwab mulai efektif.

Menurut dia, selain Siwab pihaknya juga merencanakan perkawinan silang antara sapi putih atau Peranakan Ongole (PO) lokal dengan sapi bali yang nantinya menghasilkan genetika sapi bacan. “Ini dilakukan untuk swasembada daging sekaligus memperbaiki kualitas bibit sapi, maka semua program tersebut dibuat," katanya.

Insani pun memastikan, program tersebut akan terus dikembangkan setiap tahun. Untuk menjaga kualitas bibit sapi. Dia menekankan, para peternak akan diberikan IB dan obat-obatan yang berkaitan dengan kesehatan sapi. Seperti perangsang, penguat kehamilan, dan anti tetanus jika ada sapi yang luka. Bahkan pembinaan pada mereka yang memiliki ternak. "Kami akan turun langsung mengawal program ini. Mulai dari pemeriksaan kesehatan sapi, suntikan IB, sampai proses melahirkan. Minimal 3 tahun pengembangan program ini. Dengan begitu, kualitas F3 atau keturunan ke-3 mendapatkan hasil sapi unggul di Kabupaten Boltim,” ujarnya.

Dia pun berharap, dengan adanya program tersebut keberadaan ternak di Boltim semakin membaik dan bisa memberi multiplier effect untuk masyarakat Boltim. "Semakin hari peran sapi itu semakin kompleks. Tidak hanya untuk dikonsumsi tapi untuk kegunaan lain. Sehingga program ini akan terus digenjot untuk kebutuhan masyarakat Boltim, agar bisa terpenuhi dengan baik," tandasnya. (tr-01/ite)

Kirim Komentar