20 Mei 2019 08:48

Baby Alien Samai Rekor Rossi dan Lorenzo

MyPassion
PEMBALAP Repsol Honda, Marc Marquez, menjuarai MotoGP Prancis 2019 setelah menjadi yang tercepat. (AFP/Jean-Francois Monier)

PODIUM teratas di MotoGP Prancis memberikan torehan baru untuk Marc Marquez. Dia kini menyamai jumlah kemenangan yang dipunya Jorge Lorenzo. Marquez menyentuh garis finis paling depan dalam balapan MotoGP Prancis yang dilangsungkan di Sirkuit Le Mans, Minggu (19/5) malam WIB. Rider Reposl Honda itu meraih kemenangannya yang ketiga musim ini setelah mengalahkan Andrea Dovizioso.

Ini merupakan kemenangan bersejarah buat Honda karena menjadi yang ke-300 sepanjang sejarah keikutsertaan di balapan Grand Prix. Selain ini, khusus untuk Marquez sendiri, ini menjadi kemenangan ke-47 dia di kelas MotoGP.

Dilansir dari detik, dengan jumlah itu, Marquez berhasil menyamai jumlah kemenangan yang dikoleksi rekan setimnya, Jorge Lorenzo. Tapi Marquez meraihnya lima tahun lebih cepat dibanding Lorenzo.

Keduanya kini berada di posisi empat sebagai rider dengan jumlah kemenangan paling banyak di kelas rajanya balapan motor. Berada di atas mereka adalah Mick Doohan (54 kemenangan), Giacomo Agostini (68), dan Valentino Rossi (89).

Ini adalah rekor personal kedua yang didapat rider asal Spanyol itu. Pada sesi kualifikasi, setelah memastikan merebut pole position, Marquez juga menyamai rekor Valentino Rossi dalam jumlah posisi start terdepan yang didapat. Rossi dan Marquez kini sama-sama mengoleksi 55 pole position. Cuma Michael Doohan yang punya pole position lebih banyak (58).

Baby Alien pun kian kukuh di puncak klasemen pebalap. Saat membalap di Le Mans, Minggu (19/5) malam WIB, Marquez menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 41 menit 53,647 detik. Dengan tambahan 25 poin dari seri ini, kini rider Spanyol itu ada di posisi pertama klasemen MotoGP dengan raihan 95 angka.

Marquez memperlebar jarak dengan pebalap pengisi posisi kedua. Setelah MotoGP Prancis, Andrea Dovizioso, yang ada di posisi kedua dengan raihan 87 angka.

Peringkat ketiga diisi oleh pebalap Ecstar Suzuki Alex Rins, dengan raihan 75 poin. Sementara posisi keempat ditempati rider Yamaha, Valentino Rossi, dengan koleksi poin 72 angka. Melengkapi posisi lima besar, pebalap kedua Ducati, Danilo Petrucci, dengan raihan poin sebanyak 57 poin.(gnr)

Kirim Komentar