20 Mei 2019 14:11

BI Siapkan 2,3 Triliun, Ini Titik Penukaran Uang di Manado

MyPassion
Bank Indonesia Sulawesi Utara menyediakan 114 titik penukaran uang yang ada di Sulawesi Utara, Gorontalo dan Maluku Utara.

MANADOPOSTONLINE.COM - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Utara bakal menyediakan penukaran uang sebanyak Rp 2,3 triliun. Angka tersebut disiapkan untuk 3 provinsi yaitu Sulawesi Utara, Gorontalo dan Maluku Utara. Sementara, angka untuk Sulut sendiri BI menyediakan 1,5 triliun.

 

Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah Haratua Panggabean menyebut ada 114 titik penukaran uang yang ada di Sulawesi Utara, Gorontalo dan Maluku Utara.

"Jadi kita itu menyediakan modal kurang lebih Rp2,3 triliun. Nah itu nantinya kita siapkan untuk 3 provinsi yaitu Sulawesi Utara Gorontalo dan Maluku Utara. Sementara titiknya untuk di Kota Manado itu ada 65 titik. Diluar Kota Manado ada 43 titik, dan di daerah wilayah kepulauan itu ada di 6 titik sehingga totalnya 114 titik," sebut Panggabean.

Sementara, untuk di Kota Manado sendiri pelaksanaannya dari tanggal 20 sampai 29 Mei 2019. "Nah itu nanti tersebar di beberapa tempat. Tanggal 21 kita mulai dari pasar Karombasan dan pasar bersehati, tanggal 22 Mei di terminal bus dan Malalayang 2, ada di kampung arab dan area rumah sakit Malalayang. 24 Mei Kampung Ternate dan parkiran Mantos 2, 27 hingga 29 Mei menggunakan mobil kas perbankan di pasar-pasar dan Terminal Kota Manado," tambahnya menjelaskan.

Khusus untuk luar kota Manado, dirinya juga menyampaikan akan di prioritaskan untuk daerah-daerah yang masyarakatnya banyak merayakan Idul Fitri.

"Contohnya di daerah Kotamobagu, Bolaang Mongondow, Boltim, Bolmut, Kota Bitung, Tomohon, Minahasa Selatan dan Siau," ujarnya.

Diketahui, bank yang paling banyak membuka titik penukaran adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI). "Dari mereka ada di 30 titik," tuturnya.(gab)

Kirim Komentar