18 Mei 2019 09:46

Siap-siap!! Pekan Depan, Pejabat Pemprov Dirolling

MyPassion
Olly Dondokambey

MANADOPOSTONLINE.COM—Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey (OD) mengatakan pekan depan rolling pejabat eselon II akan digelar. Hal itu dipastikan OD, karena saat ini pejabat eselon II mulai melakukan fit and proper tes.

 

Menurutnya, kemampuan dari setiap pejabat sudah dikantongi. Namun pihaknya kembali melakukan pengukuran kualitas dan kemampuan di semua sektor pemerintahan.

"Persiapan rolling mulai kita lakukan. Saat ini mereka sedang melakukan fit and proper tes. Pada Selasa pekan depan kita buat rolling. Yang pasti akan dilakukan. Yang utama sekarang, hanya menjalankan roda pemerintahan. Yang kosong kita isi dengan pelaksanaan tugas (plt). Agar pelayanan publik tetap berjalan. Rolling ini juga bukan hukuman. Hanya penyegaran bagi semua pejabat. Dan pekan depan, ada penyegaran," bebernya, kemarin.

Sementara itu, pengamat pemerintahan Dr Alfons Kimbal menilai, penyegaran dan promosi harus terus dilakukan pimpinan agar memberikan kesempatan karir serta meningkatkan mutu pelayanan.

"PNS ini kan hakikinya adalah jabatan karir. Semua bisa berkesempatan naik. Dan tentu mempercayakan yang birokrat muda juga sangat penting. Karena semangat mereka masih tinggi. Dan saya yakin akan berpengaruh ke kualitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan masyarakat. Jadi saya rasa, pimpinan harus memberikan kesempatan birokrat muda tersebut," imbuhnya.

Dia menilai, banyak pejabat muda di Pemprov Sulut yang berkualitas. Jenjang karir dan pendidikan juga, menurut Kimbal, sudah sesuai untuk dipromosikan. Dirinya berharap, Pemprov Sulut harus mampu melakukan update sistem pemerintahan sesuai zaman.

"Kan zaman sekarang terus maju. Mulai dari penerapan sistem elektronik, sampai kewajiban turun langsung harus terus dilakukan. Dan menurut saya, sudah banyak birokrat muda di pemprov yang siap. Karena itu harus dipertimbangkan pimpinan. Jangan sampai dengan terus memaksakan pejabat senior, akan mengurangi semangat dalam pelayanan publik," tandasnya. (tr-02/can)

Kirim Komentar