18 Mei 2019 09:16
TIGA PILAR DINILAI SIBUK KEGIATAN LUAR TUPOKSI

HASIL UNBK SULUT BANJIR KRITIK

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Ranking Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMA/SMK 2019 di Sulut, banjir kritik. Dari 34 provinsi, Sulut berada di posisi 32. Hanya beda dua strip dari posisi terakhir (lihat grafis).

 

Persoalan itu ditanggapi Ketua Umum Asosiasi Kepala Sekolah Indonesia (AKSI) Sulut Drs David Legi. Menurutnya, walaupun hasil UN bukan satu-satunya indikator penentu kualitas pendidikan, tetapi peringkat 31 dan 32 SMA/SMK se Nasional sangat memprihatinkan.

“Pada tataran regulator, perlu memikirkan adanya payung hukum berupa perda, yang menjadi acuan kebijakan dan strategi pelaksanaan layanan pendidikan bermutu yang sesuai dengan kebutuhan daerah,” ujar Legi, saat wawancarai Manado Post, Jumat (17/5).

Menurutnya, regulasi yang mengikat semua pemangku kepentingan sangat mendesak. Pengawas, kepala sekolah dan guru, agar lebih fokus pada tupoksi masing-masing. “Ada kecenderungan tiga pilar utama tersebut yang sebagai operator pendidikan, lebih disibukkan dengan kegiatan di luar tupoksinya,” kritik Legi, yang juga sebagai Ketua Dewan Pendidikan Kota Manado.

12
Kirim Komentar