17 Mei 2019 16:39

Pilkada Minut KansTiga Pasang, PDIP-NasDem Bisa Mengusung Tanpa Koalisi

MyPassion
Grafis.(Dok)

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Minahasa Utara (Minut) kans tiga pasang calon bupati dan wabup. Dilihat dari capaian kursi masing-masing parpol.

Dari hasil capaian itu, hanya PDIP dan NasDem yang bisa mengusung sendiri calon kepala daerah. Karena berdasarkan aturan, minimal harus mencapai 20 persen anggota DPRD dari jumlah kursi yang ada. Sedangkan parpol lainnya harus koalisi.

Dari PDIP, Nama Denny Lolong, Berty Kapojos, Joppi Lengkong, Sammy Dondokambey, Sompie Singal, dan Herry Rotinsulu sering disebut. Berbeda dengan NasDem, Bupati Vonnie Anneke Panambunan STh masih terus digadang sebagai calon kuat partai besutan Surya Paloh. Anak bungsu VAP juga salah satu kandidat bakal menggantikan dirinya.

Ketua DPC PDIP Minut Denny Lolong saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sudah cukup untuk mengusung paslon di Pilkada 2020 nanti. Tetapi tidak menutup kemungkinan, kalau ada parpol yang ingin bergabung dengan PDIP, pintu masih terbuka.

"Untuk pencalonan nanti, ada mekanisme partai. Yang pasti akan dipilih orang yang berkualitas dan benar-benar memiliki kerinduan membangun Minut," ujarnya.

Ia pun mengatakan, pimpinan parpol harus siap jika ditunjuk untuk bertarung nanti. Tapi, siapapun orangnya pasti akan dipilih sesuai mekanisme partai. "Yang pasti dia itu, masuk struktur pengurus dan kader PDIP," tukasnya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai NasDem Minut Vonnie Anneke Panambunan STh mengatakan, pihaknya sangat bersyukur diberikan kepercayaan masyarakat hingga bisa mengusung calon kepala daerah sendiri tanpa koalisi.

Meski begitu, VAP mengungkapkan, siapapun yang akan dicalonkan nanti berdasarkan mekanisme partai. "Tunggu saja keputusan partai nanti, siapa yang akan dicalonkan. Pastinya, untuk partai NasDem banyak kader yang mampu dan berkualitas untuk memimpin Minut kedepan," kuncinya.(ria)

Kirim Komentar