17 Mei 2019 15:01

105 Desa di Bolmong Pilsang Serentak

MyPassion
Ahmad Yani Damopolii

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemilihan Sangadi (Pilsang) di 105 desa di Kabupaten Bolmong  akan digelar serentak.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bolmong Ahmad Yani Damopolii mengatakan, Pilsang serentak untuk Kabupaten Bolmong kemungkinan Oktober mendatang. Namun demikian, tahapan pelaksanaan sudah mulai jalan. "Saat ini kita sedang dalam persiapan pembentukan panitia tingkat kabupaten untuk Pilsang, yang terdiri dari Assisten I, DPMD dan dinas terkait," ungkapnya.

Menurut Damopolii, syarat pelaksanaan Pilsang minimal memiliki dua calon dan maksimal lima calon. "Kalau pesertanya hanya satu, maka dilakukan perpanjangan pendaftaran sampai memenuhi syarat minimal dua calon. Namun kalau pesertanya lebih dari lima maka kita lakukan seleksi," ujarnya.

Dia mengungkapkan, jelang pelaksanaan Pilsang nanti, pihaknya juga akan melakukan sosialisasi aturan terkait Pilsang serentak. Tujuannya agar desa paham soal aturan pelaksanaan Pilsang serentak ini. "Jadi sosialisasi akan kita laksanakan selama tiga atau empat bulan sebelum pelaksanaan Pilsang ini," ujarnya.

Dia menambahkan, sebelumnya Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) memasukkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Pasal 33 huruf g dan Pasal 50 ayat (1) huruf c Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Yang mengatur kalau calon sangadi atau Kepala Desa (kades) harus berdomisili minimal 12 bulan di desa yang dimaksud, namun mulai tahun ini, aturan tersebut tidak berlaku lagi.

"Diterimanya sebagian gugatan dari APDESI membuat calon dari luar desa atau luar daerah sudah bisa, namun ketika terpilih dia harus membuat surat pernyataan siap tinggal di desa tersebut selama menjabat," pungkasnya. (cw-03/ite)

Kirim Komentar