16 Mei 2019 13:51

Tahun Ini, Ujian Paket C di Sangihe Dibiayai BOP

MyPassion
Ilustrasi.(Istimewa)

MANADOPOSTONLINE.COM—Sebelumnya, pengambilan ijazah ujian persamaan paket C sempat diributkan peserta. Pasalnya ujian paket dengan bebas biaya tersebut, ketika giliran mengambil ijazah peserta dibebani biaya Rp 500.000 bahkan sampai Rp 700.000. Menanggapi opini yang muncul di tengah masyarakat tersebut, Kepala Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Sangihe Ronly M Makatiho saat dikonfirmasi menjelaskan, pungutan bukan pada pengambilan ijazah melainkan biaya ujian.

 

"Tidak ada pungutan dalam pengambilan ijazah. Biaya hanya pembayaran ujian. Karena saya sudah klarifikasi dengan teman-teman penyelenggara termasuk di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioner Tahuna selaku penyelenggara,” ujarnya, sembari menambahkan, biaya itu ada peserta yang belum membayar ujian. “Jadi tagihan itu hanya untuk pembayaran ujian bukan ijazah,” tegas Makatiho.

Meskipun SKB hanya fasilitator, dia mengakui ujian paket C ada dua jenis. Dibiayai oleh Biaya Operasional Penyelenggaraan (BOP). Semua siswa gratis tidak dipungut biaya. Sedangkan kedua, siswa yang tidak termasuk di BOP itu namanya ujian swadaya. Mereka dipungut biaya karena penyelenggara harus membayar fasilitas.

"Untuk ujian yang termasuk pada BOP nanti diberlakukan tahun ini. Jadi siswa atau peserta ujian sudah tidak ada biaya ujian,” pungkasnya.(wan/gel)

Kirim Komentar