15 Mei 2019 10:04

Turun 20 Ribu, Harga Bawang Putih Masih Tinggi

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM - Hari raya Idul Fitri, kurang lebih tinggal dua minggu lagi. Namun, harga bahan pokok baik yang ada di pasar tradisional dan pasar-pasar lainnya, masih saja melambung tinggi. Contohnya, komoditi bawang putih, yang melalui pantauan manado post online, harganya masih tinggi.

"Jadi memang kemarin ada beberapa komoditi yang mengalami kelangkaan. Nah contohnya bawang putih yang sebelumnya mencapai Rp 90/kg. Yang sampai kemarin kami pantau harganya sudah turun, meski masih menyentuh harga Rp70 ribu/kg," ucap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut Jenny Karouw.

Menurut Jenny, pemerintah provinsi kini tengah melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi stok ketersediaan bawang putih ini.

Bahkan, kata dia akan mengusahakan komoditi andalan ini agar turun sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) pemerintah.

"Kita sudah siapkan stoknya. Yang dikelola oleh 8 perusahaan impor bawang putih. Sekira 50 konteiner untuk idul fitri ini. Dan saya rasa itu cukup. Sampai kami bisa menetapkan harga yang sesuai dengan komoditi ini," tukasnya sembari menambahkan, stok 50 konteiner ini bisa bertahan hingga 2 bulan ke depan masuk dengan hari raya pengucapan syukur yang kena bulan Juni dan Juli nanti.(gab)

Kirim Komentar