14 Mei 2019 22:11
Siap Beri yang Terbaik untuk Sulut

Tiga Siswa SMA 9 ke OSN Tingkat Nasional

MyPassion
Kepala SMA 9 Binsus Manado Drs Meidy Tungkagi MSi, bersama para siswa-siswa berprestasi.

MANADO—Prestasi kembali diraih Sekolah Menengah Atas (SMA) 9 Binsus Manado. Tiga siswa sekolah itu lolos seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat provinsi 2019. Mereka dipastikan mewakili Sulawesi Utara (Sulut) untuk maju seleksi di tingkat nasional pada 30 Juni hingga 6 Juli mendatang. Mereka akan terjun di tiga kategori lomba, yakni mata pelajaran (mapel) Fisika, Kimia dan Ekonomi.

Kepala SMA 9 Binsus Manado Drs Meidy Tungkagi MSi menuturkan, mereka harus benar-benar siap, terlebih Sulut yang menjadi tuan rumah dan salah satu tempat perlombaan di SMA 9 Manado. "Kita harus sukses pelaksana dan sukses prestasi. Jadi ini memang kesempatan emas," ujarnya dengan ungkapan keberhasilan datang karena ada semangat, dedikasi dan komitmen.

Tungkagi menambahkan, pastinya yang terbaik menjadi harapan sehingga mereka boleh ke tingkat internasional. Lanjutnya, siswa SMA 9 Binsus Manado baru-baru ini juga mendapat juara 1 tingkat nasional kejuaraan motorcross di Bangka Belitung. “Siswa kami Siro Kanal patut dijadikan contoh. Siswa ini tidak suka ngebut-ngebutan di jalan dan belum diizinkan mengendarai motor oleh orang tuanya. Bahkan datang ke sekolah dirinya naik taksi umum. Karena dia belum ada surat izin mengemudi (SIM), kecuali akan latihan. Saya sangat senang karena mereka adalah anak-anak berprestasi yang mempunyai karakter yang bagus. Karena memang, di SMA 9 Manado diutamakan pendidikan karakter. Buktinya karakter dan prestasi mereka bagus," kuncinya.

Siswa peserta mapel Fisika, Phillip Tamboto menuturkan, dia sedang mempersiapkan yang terbaik bukan hanya untuk sekolah tapi juga untuk Sulut. Lanjutnya, dirinya ikut OSN bukan semata-mata karena penghargaan. Tapi karena suka belajar tentang ilmu Fisika. "Tantangan terbesar kami adalah mental. Di mana kami harus mengatur suasana hati dan motivasi untuk menggapai medali," ujarnya.

Lanjut siswa peserta mapel Ekonomi, Rendy Sengkey, dalam persiapan OSN tingkat nasional mereka dibimbing dosen dari Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado dan Universitas Negeri Manado (Unima). "Para dosen bukan hanya jadi pengajar buat kami. Tapi juga sebagai pelatih, mereka mengecek penguasaan materi sudah sejauh mana dan membantu di setiap kekurangan kami," terangnya.

Ditambahkan siswa peserta mapel Kimia, Bryan Wijaya, mereka boleh sampai pada titik ini karena Tuhan. "Kuncinya kita takut akan Tuhan dan terus belajar," ungkapnya.(lin)

Kirim Komentar