14 Mei 2019 14:21

Puluhan Produk Tak Layak Jual Disita, Alfamart di Tondano Diduga Jual Produk Kedaluarsa

MyPassion
Staf Dinas Perdagangan Kabupaten Minahasa menyita produk tak layak edar di Alfamart Tondano Raya, Senin (13/5) kemarin.(Lerby/Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM—Sejumlah gerai ritel nasional di Kecamatan Tondano Raya, disambangi Tim Dinas Perdagangan Kabupaten Minahasa, Senin (13/5). Memeriksa kelayakan produk serta menjamin kelayakan konsumsi jadi tujuan.

 

Tak disangka, dari sejumlah kunjungan yang dilakukan Dinas Perdagangan kali ini. Puluhan produk disita, karena masuk kategori tak layak konsumsi masyarakat. Dikatakan Kepala Seksi Pasar Dinas Perdagangan Kabupaten Minahasa Jeffry Angkouw, yang memimpin operasi mengungkapkan, pihaknya mendapat minuman yang sudah kedaluarsa dan sejumlah produk tak layak diperjualbelikan di salah gerai Alfamart.

"Beberapa produk minuman kita dapatkan sudah lewat tanggal konsumsinya. Ada juga yang kemasannya sudah rusak dan tak layak," ungkap Angkouw.

Meski begitu, dirinya enggan membeber lokasi outlet Alfamart yang menjual barang tak layak konsumsi tersebut.  

"Untuk lokasinya yang pasti di Tondano Raya. Kami sudah sampaikan ke pihak pengelola agar barang tersebut ditarik dan jangan dipajang lagi," timpalnya.

Sembari menambahkan pihaknya telah memberikan pembinaan kepada pihak minimarket tersebut.

Terpisah, Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kabupaten Minahasa Debby Bukara menyatakan, penerapan sanksi lebih tegas, tak tertutup dilakukan bagi seluruh pelaku usaha, yang kedapatan melakukan tindak kecurangan dalam menjalankan bisnisnya.

“Berawal dari urusan izinnya, sampai ke pelayanan masyarakat. Artinya, apakah barang yang dijual ke publik itu aman dan higienis untuk dikonsumsi. Bisa sampai pencabutan izin, jika memang pelaku usaha dengan sengaja melakukan hal tersebut,” lugasnya.

Olehnya, dirinya berharap kepada seluruh masyarakat Minahasa untuk lebih cermat dan bijak dalam berbelanja. Jaminan barang yang layak konsumsi, prinsipnya sama saat warga berbelanja di ritel modern maupun pasar tradisional.

“Lihat labelnya, tanggal kedaluarsa produk, cermat sebelum membeli. Agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan,” tutupnya. (tr-03/jul)

Kirim Komentar