14 Mei 2019 11:29

DPPKB Bolmong: Generasi Cerdas Lahir Dari Keluarga Terencana

MyPassion
Ketut Kolak

MANADOPOSTONLINE.COM—Generasi cerdas dan sehat terlahir dari keluarga yang terencana dan harmonis. Sebab, banyak anak-anak yang terjerumus dalam pergaulan bebas akibat keluarga broken home. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Bolmong Ketut Kolak.

Dia menyampaikan, pihaknya akan berusaha mendukung program pemerintah, salah satunya delapan fungsi keluarga. Karena, dengan diaplikasikan delapan fungsi keluarga tersebut, maka akan terwujud keluarga harmonis dan sejahtera. "Kalau keluarga harmonis dan sejahtera maka anak-anak pun bisa merasakan keharmonisan dalam keluarga, maksudnya kasih sayang dari orangtua," ungkapnya.

Dia menjelaskan, delapan fungsi keluarga tersebut yakni keagamaan, sosial budaya, cinta kasih, melindungi, reproduksi sosial dan pendidikan, ekonomi dan fungsi pembinaan lingkungan. "Itu pun akan mendukung program keluarga berencana," katanya.

Dia menyampaikan kepada seluruh ASN di DPPKB, sebelum memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait program tersebut, agar mereka lebih dulu mengaplikasikannya dikehidupan sehari-hari. “Sebab kita harus jadi panutan bagi masyarakat," ujarnya.

Menurut dia, kawin di usia dini itu tidak baik, karena baiknya seseorang menikah saat sudah matang, baik secara biologis, umur, dan ekonomi. Sehingga anak akan lahir secara terencana. "Kalau terencana pasti akan melewati pendidikan hingga 24 tahun minimal sudah perguruan tinggi atau sampai usia produktif, sehingga menjadi generasi yang berkualitas," jelasnya.

Hal tersebut katanya, dilakukan demi mendukung visi dan misi Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati (Wabup) Yanny Ronny Tuuk menuju Bolmong hebat. "Kita harus mendukung visi dan misi dari bupati dan wabup, untuk menuju Bolmong hebat," tutupnya. (cw-03/ite)

Kirim Komentar