13 Mei 2019 08:49

Sengit, Pilgub Kans Empat Pasang

MyPassion

Di sisi lain, pengamat politik Dr Stefanus Sampe menyebut jika melihat dari struktur kekuatan hasil pemilu 2019, akan ada beberapa koalisi dalam pilgub nanti. Pertama PDI Perjuangan dan NasDem akan penuh percaya diri tidak koalisi.

"Koalisi-koalisi nantinya akan didominasi partai-partai yang memperoleh kursi lebih banyak. Partai yang memperoleh kursi sedikit akan melebur dengan yang memiliki kursi lebih banyak," jelasnya.

Sampe menyebut, kemungkinan tidak akan ada koalisi dari partai-partai kecil. "Sehingga tawar menawar untuk papan dua tidak terlalu sengit dan ruwet," tambah Sampe.

Adapun, Sampe turut menilai, kans NasDem dan Golkar menjadi lawan PDI Perjuangan sangat besar. "Koalisi akan menjadi sederhana. Diprediksi dua atau tiga partai untuk mencegah keruwetan dalam menentukan pasangan calon kandidat," jelasnya.

Untuk itu, dia pun menuturkan Pilgub kali ini sangat kans terjadi empat pasangan calon. Tiga dari parpol dan satu independen. "Soal independen, kalau ada yang maju, kemungkinan bukan dari politikus. Karena resource yang dikeluarkan selama pemilu kemarin sudah cukup besar. Serta kalau mau maju lagi melalui independen akan sulit sekali, kecuali itu dari pendatang baru yang memiliki financial resource yang besar," pungkasnya.(Tim MP/gel)

12
Kirim Komentar