13 Mei 2019 08:49

Sengit, Pilgub Kans Empat Pasang

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—PDI Perjuangan dan Partai NasDem bisa mengusung calon di Pilgub 2020 tanpa koalisi. Dengan begitu, head to head PDI Perjuangan dan NasDem tak terhindarkan. Namun pertarungan nanti kans diikuti empat pasangan calon (paslon).

Sejumlah nama mencuat di bursa calon gubernur dan calon wakil gubernur di dua partai ini. Di antaranya, di PDI Perjuangan, incumbent Olly Dondokambey dan Steven Kandouw. Kemudian ada nama Herson Mayulu dari Bolmong Raya (BMR) dan Edwin Silangen serta Toni Supit di Nusa Utara. Irjen Pol Carlo Tewu juga ikut masuk bursa cawagub.

Bagaimana dengan NasDem? Capaian luar biasa partai ini di pemilu 2019, membuat PDI Perjuangan harus tetap waspada. NasDem ancaman serius Banteng. Apalagi di pilgub 2020, NasDem bisa mengusung calon. Pasalnya sesuai aturan, parpol yang berhak mengusung calon adalah peraih kursi minimal 20 persen di DPRD provinsi. Atau 9 dari 45 kursi.

(Baca: PDI-P dan NasDem Bisa Usung Calon Tanpa Koalisi di Pilgub 2020)

Nama-nama beken ada di NasDem. Mulai dari Kompemwil NasDem Sulut Felly Runtuwene, Ketua NasDem Manado GS Vicky Lumentut, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo, hingga Benny Mamoto.

Kemudian peluang koalisi III adalah dari Golkar dan Demokrat. Atau Golkar/Demokrat dengan parpol kecil lain. Nama Ketua Golkar Sulut Christiany Paruntu paling populer.

Politikus muda Jerry Sambuaga juga cukup dijagokan. Lalu siapa kandidat cawagub yang layak? Raski Mokodompit dari BMR, Ketua Golkar Tomohon Jimmy Eman, dan Bupati Sangihe Jabes Gaghana, masuk bursa persaingan DB 2. Paslon keempat bisa diisi calon independen.

Peluang Raski cukup besar. Selain dari BMR, Raski juga bisa mewakili kaum milenial. Dengan modal, tiga kali terpilih anggota DPRD Sulut.

12
Kirim Komentar