13 Mei 2019 14:31

Pemkab Boltim Turunkan Jatah RTLH

MyPassion
Ilustrasi RTLH.(Istimewa)

MANADOPOSTONLINE.COM---Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim menurunkan jatah untuk Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH). Dari awalnya 750 unit sekarang menjadi 400 unit.

 

Kepala Dinas Sosial Boltim Rudy Malah menjelaskan alasan diturunkannya jatah RTLH tersebut. "Karena kami ingin mengejar kualitas bukan kuantitas. Karena selama ini banyak RTLH yang tidak mampu diselesaikan oleh pihak ketiga. Sehingga kami ingin meminimalisir kerugian yang akan terjadi," jelasnya. Namun, lanjutnya anggaran untuk per unit rumah akan dinaikan. "Kami akan naikan jumlah biaya per unit, awalnya Rp 18 juta sekarang menjadi Rp 30 juta," sebutnya.

Dia pun menekankan, penurunan jatah RTLH tersebut berdasarkan hasil evaluasi. Menurutnya, setiap tahun Dinsos terus menerima keluhan masyarakat mengenai biaya sewa tukang dan harga bahan yang tidak sesuai. "Ini sudah berdasarkan kajian dan persetujuan bersama. Semoga hasilnya akan baik," harapnya.

Dia menambahkan,  pembangunan RTLH tahun ini menggunakan sistem tender. Jadi masyarakat tidak sibuk lagi. Hanya menerima kunci. “RTLH kali ini juga akan berukuran 5x6 meter dan permanen,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Bidang Fakir Miskin Ni'ma Mokoagow menyebutkan, pembangunan RTLH tersebar di tujuh kecamatan, namun paling banyak di lahan HGU PT Ranomut 200 unit. Dia menambahkan, sebelumnya di lahan HGU PT Ranomut telah berdiri 40 unit rumah. Rencananya rumah tersebut akan diserahkan kemasyarakat terlebih dulu. "Intinya RTLH tahun ini, jauh lebih baik. Karena anggarannya per unit besar," tandasnya. (tr-01/ite)

Kirim Komentar