13 Mei 2019 08:53

PDI-P dan NasDem Bisa Usung Calon Tanpa Koalisi di Pilgub 2020

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM--Pemilihan gubernur (pilgub) 2020 bakal berlangsung sengit. Dari perolehan kursi DPRD Provinsi Sulut, PDI Perjuangan dan Partai NasDem bisa mengusung calon tanpa koalisi.

Pasalnya sesuai aturan, parpol yang berhak mengusung calon adalah peraih kursi minimal 20 persen di DPRD provinsi. Atau 9 dari 45 kursi.

Sekretaris PDI Perjuangan Sulut Franky Wongkar menuturkan, meski PDI Perjuangan bisa mengusung, namun mereka terbuka dengan parpol lain untuk koalisi. “Kita terbuka. Walaupun bisa mengusung sendiri, tapi kita tak akan menutup komunikasi politik dengan parpol lain,” kata Wongkar.

Dia melanjutkan, untuk saat ini pihaknya sementara menyusun tahapan menghadapi Pilkada 2020. “Pileg baru selesai. Kita tunggu sampai penetapan, baru setelah itu mengatur tahapan Pilkada,” kunci Wongkar.

Sementara itu, Ketua DPW Partai NasDem Sulut Maximiliaan Lomban, melalui Komando Pemenangan Wilayah Sulut Felly Estelita Runtuwene, mengaku belum ada pembicaraan khusus soal koalisi di Pilgub Sulut 2020 nanti.

"Belum ada. Nanti kita lihat lagi," kata FER, Minggu (12/5).Begitu juga dengan Pilkada di beberapa daerah di Sulut. NasDem kata dia, akan melaksanakan semacam 'open recruitment', memberi kesempatan kepada siapa saja yang ingin memberi diri melayani masyarakat.

"Jadi nanti siapapun yang akan mendaftar, kami akan 'lemparkan' lewat polling ke masyarakat, sebelum kami survei. Siapa saja. Bagi kami, kader itu adalah yang memberi dirinya untuk kepentingan masyarakat, bukan kepentingan pribadi dan golongan," tukasnya.(Tim MP/gnr)

Kirim Komentar